Sustainable Marketing Terhadap Brand Image Dan Loyalitas Pelanggan Di Retrorika Coffee Bar & Resto
Main Authors: | Putri, Della Aprilia Danaparamita, Dr. Dwi Retno Andriani,, SP.,MP., Neza Fadia Rayesa,, S.TP.,M.Sc |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/189314/1/175040107111030%20-%20DELLA%20APRILIA%20DANAPARAMITA%20P.pdf http://repository.ub.ac.id/189314/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang terjadi baik dibidang ekonomi, sosial maupun lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan perusahaan yang tidak bertanggung jawab semakin hari semakin meningkat. Contohnya saja terkait adanya pemberian upah yang tidak sesuai, permasalahan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan eksploitasi yang tidak bertanggung jawab dari perusahaan, serta terkait dengan ketidaksetaraan sosial dan lain sebagainya. Oleh karena itu, perlu diterapkannya konsep bisnis baru, yaitu sustainable marketing. Salah satu bisnis yang telah menerapkan konsep sustainable marketing adalah Retrorika Coffee Bar & Resto, dimana café tersebut telah memperhatikan keadaan ekonomi, sosial maupun lingkungan bisnis yang dapat bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Penerapan sustainable marketing nyatanya memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan brand image dari perusahaan. Selain itu, brand image juga memiliki pengaruh terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen, dimana semakin positif citra perusahaan tersebut maka akan semakin puas dan percaya konsumen terhadap pelayanan ataupun produk yang dihasilkan. Nantinya, secara tidak langsung kepuasan dan kepercayaan pelanggan serta citra yang positif tersebut dapat berdampak terhadap peningkatan loyalitas dari pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sustainable marketing terhadap brand image di Retrorika Coffee Bar & Resto serta menganalisis pengaruh brand image terhadap kepercayaan, kepuasan dan loyalitas pelanggan di Retrorika Coffee Bar & Resto. Penelitian ini dilakukan di Retrorika Coffee Bar & Resto pada bulan April hingga Mei 2021 dengan terdapat 100 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM-PLS dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa dari variabel sustainable marketing hanya aspek sosial saja yang tidak signifikan. Hal tersebut disebabkan karena penerapan dari aspek sosial yang merasakan manfaatnya hanyalah pihak ketiga bukan dari konsumen secara langsung dan ditambah kurangnya publikasi dari pihak Retrorika Coffee Bar & Resto mengenai kegiatan sosial yang diadakan. Meskipun begitu, nyatanya kegiatan sosial tetap bisa menarik minat dari konsumem asalkan perusahaan tetap dapat menunjukkan tanggung jawabnya melalui kegiatan sosial yang dilakukan. Selain itu, menurut hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa brand image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas, kepercayaan dan kepuasan konsumen. Begitupula dengan kepercayaan dan kepuasan konsumen yang juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas dari pelanggan.