Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Nonformal Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Lembaga Kursus Mahesa Institute Kampung Inggris Pare)

Main Authors: Setiawan, Kristina Puji, Ainul Hayat, Dr. S.Pd, M.Si, Suhartono Winoto, SAP., MAP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189280/1/-%20KRISTINA%20PUJI%20SETIAWAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/189280/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun secara baik mengalami gangguan dan memerlukan perubahan akibat dari adanya pandemi Covid-19. Melalui fenomena pandemi tersebut, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Masa Darurat Penyebaran COVID-19, menyatakan bahwa proses belajar mengajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran daring/jarak jauh dapat dilihat pada seluruh jalur pendidikan nasional yang ada, salah satunya adalah pendidikan nonformal. Tujuan dari penelitian ini adalah menetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran dan faktor pendorong maupun penghambat pendidikan nonformal pada masa pandemi Covid- 19 di lembaga kursus Mahesa Institute Kampung Inggris Pare Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tahapan dalam analisis data penelitian kualitatif menurut Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2008) meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan nonformal pada masa Pandemi Covid-19 di lembaga kursus Mahesa Institute Kampung Inggris Pare meliputi komponen pendidik, peserta didik,materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (2) faktor- faktor pendorong pelaksanaan pembelajaran pendidikan nonformal pada masa pandemi Covid-19 di lembaga kursus Mahesa Institute Kampung Inggris Pare adalah tenaga pendidik yang berkualitas, motivasi dari peserta didik, dan bahan ajar yang digunakan lengkap. Disisi lain faktor penghambat pembelajaran pendidikan non formal pada lembaga kursus Mahesa Institute Kampung Inggris Pare di masa pandemi COVID-19 adalah media pembelajaran yang kurang memadai dan jaringan internet yang tidak stabil