Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pelanggan Pada Media Sosial Dan E-Commerce Umkm Abc
Main Authors: | Alvita, Nadya Vashti, Heptari Elita Dewi,, SP., MP., Dr. Fitria Dina Riana,, SP.,MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/189262/1/175040101111125%20-%20Nadya%20Vashti%20Alvita.pdf http://repository.ub.ac.id/189262/ |
Daftar Isi:
- Penyumbang pembangunan perekonomian Indonesia terbesar adalah sektor Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disebut UMKM. Seiring berjalannya waktu, persaingan usaha juga semakin meningkat. Di tahun 2020, COVID-19 mulai mewabah di Indonesia sehingga pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Hal ini menyebabkan sektor UMKM dituntut mengakses internet dan teknologi untuk melanjutkan aktivitasnya. Internet dan teknologi menjadi alternatif UMKM untuk dapat melakukan pendekatan kepada konsumen melalui komunikasi pemasaran yang disebut Electronic Word of Mouth. Dimasa Pandemi COVID-19, UMKM ABC memaksimalkan pemasarannya secara online melalui sosial media Instagram dan e-commerce Shopee. Melalui kedua platform tersebut, UMKM ABC dapat memanfaatkan komunikasi E-WOM yang tercipta untuk menciptkan minat beli pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dimensi E-WOM (Platform Assistance, Concern for others, Expressing positive feelings) pada media sosial Instagram dan e-commerce Shopee UMKM ABC dan menganalisis pengaruh dimensi tersebut terhadap minat beli pelanggan. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan tknik nonprobability sampling dengan cara pengambilan sampel quota sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 50 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modelling) dengan pendekatan PLS (Partial Least Squares) dan analisis deskriptif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa dimensi platform assistance pada platform Instagram dan Shopee UMKM sudah cukup baik. Dimensi ini dinilai dari kelengkapan informasi produk dan tingkat efektivitas penggunaan strategi online marketing dengan menggunakan Instagram ataupun Shopee. Begitu pun dengan kedua dimensi lainnya yaitu dimensi concern for others dan expressing positive feelings juga sudah terbentuk dengan cukup baik. Dimensi concern for others pada platform Instagram dan Shopee UMKM ABC dapat dilihat dari terciptanya rekomendasi yang berasal dari konten Instagram ataupun fitur review pada e-commerce Shopee UMKM ABC dan juga dilihat dari followers yang dengan tulus memberikan rekomendasi UMKM ABC kepada orang lain. Dimensi expressing positive feelings pada kedua platform UMKM ABC dinilai dari dampak yang dirasakan responden ketika membaca atau mengetahui kepuasan orang lain yang berasal dari review, rating dan jumlah like pada konten yang dibagikan oleh UMKM ABC. Aspek pada dimensi ini sudah dapat dinilai cukup baik kecuali pada tingkat engagement pada Instagram UMKM ABC yang dilihat dari jumlah like pada setiap unggahan yang relatif rendah. Selain itu, didapatkan hasil bahwa dimensi platform assistance memiliki pengaruh positif signifikan yang kuat terhadap minat beli pelanggan. Serta, dimensi concern for others dan expressing positive feelings memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli pelanggan. Berdasarkan penelitian yang telah ii dilakukan, terdapat beberapa saran yang dapat dilakukan antara lain memberikan informasi produk dengan lengkap dan detail di setiap platform yang digunakan, peningkatan pelayanan, mengelolah hubungan dengan baik bersama pelanggan dll. Selain itu, UMKM ABC dapat memperhatikan waktu yang tepat dalam melakukan pengunggahan konten di Instagram, bekerjasama dengan komunitas pecinta lingkungan serta peneliti selanjutnya dapat mengembangkan konsep model dengan cara menambahkan variabel yang berdampak terhadap minat beli ataupun dampak E-WOM terhadap fenomena lainnya