Pengaruh Motivasi Pelayanan Publik Terhadap Kinerja Pegawai Pemerintah (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi)

Main Authors: Nofriyando, Fauzi Dwi, Dr. Hermawan,, S.IP., M.Si, Nana Abdul Aziz,, S.AP., M.AP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189197/1/-%20Fauzi%20Dwi%20Nofriyando.pdf
http://repository.ub.ac.id/189197/
Daftar Isi:
  • Kinerja Aparatur Sipil Negara masih menjadi catatan besar, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengungkapkan, ada 30% atau sekitar 1,35 juta Pegawai Negeri Sipil yang kinerja nya tergolong buruk. Untuk itu perlu adanya motivasi pelayanan publik yang baik dalam diri PNS guna meningkatkan kinerjanya. Dipilihnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi karena sebagai penyelenggara pelayanan maupun perizinan di Kota Bekasi sebagai salah satu kota industri terbesar di Indonesia. Gomes ( 2003, 179) “Pegawai yang bermotivasi adalah pegawai yang prilakunya diarahkah kepada tujuan organisasi dan aktivitasaktivitasnya tidak mudah terganggu oleh gangguan-gangguan kecil”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan apakah Motivasi Pelayanan Publik secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini mengambil lokasi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Kota bekasi ini berusaha menganalisis bagaimana pengaruh motivasi pelayanan publik terhadap kinerja para pegawai. Penelitian ini menggunakan analisis linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Kota bekasi yang berjumlah 75 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Motivasi Pelayanan Publik berpengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai. Jadi kinerja dan sikap samasama berpengaruh positif terhadap produktivitas pegawai DPMPTSP Kota Bekasi .Kontribusi yang diberikan oleh Motivasi Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai memiliki pengaruh sebesar 40% dan sisanya 60 % yang ditentukan oleh faktor lain.