Perencanaan Strategi Bertahan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Agroedukasi Caping Merapi Yogyakarta)
Main Authors: | Samsudin, Aziza Alya Zahro, Dr. Ir. Agustina Shinta Hw., MP, Neza Fadia Rayesa,, S.TP.,M.Sc |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/189143/1/175040101111066%20-%20Aziza%20Alya%20Zahro%20S..pdf http://repository.ub.ac.id/189143/ |
Daftar Isi:
- Strategi merupakan hal yang penting bagi para pelaku bisnis untuk menjalankan bisninya. Strategi dibutuhkan dalam segala bidang termasuk bidang pertanian. Perkembangan agroedukasi mendapatkan dampak buruk akibat adanya pandemi Covid-19 yang merupakan peristiwa besar yang terjadi di tahun 2020. Agroedukasi Caping Merapi merupakan salah satu-satunya perusahaan yang mengusung konsep edukasi pertanian di Yogyakarta yang terdampak adanya pandemic Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di Agroedukasi Caping Merapi pada masa pandemi Covid-19, menganalisis alternatif strategi yang dapat dilakukan Agroedukasi Caping Merapi pada masa pandemi Covid-19, menentukan prioritas strategi yang tepat untuk Agroedukasi Caping Merapi pada masa pandemi Covid-19. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan penentuan informan sebanyak 5 orang yang merupakan key informan di Agroedukasi Caping Merapi dengan metode purposive sampling serta menggunakan 2 cara untuk mendapatkan data yaitu menggunakan data primer melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta menggunakan data sekunder dari jurnal penelitian lain. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, matriks IFE-EFE, matriks IE, matriks grand strategy, analisis SWOT, matriks QSPM. Berdasarkan analisis Internal Factor Evaluation (IFE) kekuatan utama yang dimiliki oleh Agrodukasi Caping Merapi ialah kualitas produk terjamin. Kelemahan utama Agroedukasi Caping Merapi yaitu kurangnya pendapatan saat pandemic. Berdasarkan hasil analisis Eksternal Factor Evaluation (EFE) yang menjadi peluang terbesar ialah adanya pemasaran online serta ancaman utama perusahaan yaitu tanah bukan milik sendiri. Matriks IFE menghasilkan skor sebesar 3,1, sedangkan matriks EFE menghasilkan skor sebesar 2,43. Berdasarkan hasil matriks IE yang telah dihitung melalui matriks IFE dan EFE menunjukkan bahwa posisi Agroedukasi Caping Merapi berada pada kuadran IV, yaitu menggambarkan tumbuh dan kembangkan (growth and build). Pada matriks grand strategy menempati kuadran 1 yaitu posisi pertumbuhan. Hasil analisis SWOT menghasilkan delapan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Agroedukasi Caping Merapi yaitu memperluas pasar untuk meningkatkan penjualan, memperkuat pemasaran dan promosi online, meningkatkan etos kerja dengan adanya sharing sesama staff dan karyawan serta saling memberi motivasi, mengadakan edukasi mengenai tren pertanian, mempertahankan kualitas produk, bekerjasama dengan universitas terkait program kampus merdeka, menciptakan SOP yang harus dijalankan serta memberikan punishment apabila tidak dijalankan dengan baik, melakukan diversifikasi terhadap produk yang tidak terjual atau tidak layak jual. Prioritas strategi alternatif terpilih yang tepat untuk direkomendasikan kepada Agroedukasi Caping Merapi berdasarkan hasil analisis matriks QSP (Quantitative Strategic Planning) adalah strategi promosi dan pemasaran online serta strategi memperluas pasar untuk meningkatkan penjualan.