Sikap Dan Tahapan Keputusan Pembelian Konsumen Yoghurt Cimory Squeeze Sebagai Minuman Sehat Selama Pandemi Covid-19
Main Authors: | Arum, Putri Dewi Andan, Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, ., MS, Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/189131/1/175040101111013-%20Putri%20Dewi%20Andan%20Arum.pdf http://repository.ub.ac.id/189131/ |
Daftar Isi:
- Akhir tahun 2019 terjadi sebuah fenomena munculnya virus Covid-19, sehingga masyarakat mulai menerapakan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatannya, termasuk dengan menjaga pola makan, yaitu dengan mengonsumsi produk-produk sehat seperti yoghurt. Perubahan ini menjadi peluang perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan susu untuk terus berinovasi. Perkembangan inovasi yoghurt yang baik ini terlihat dari tingkat produksi yang meningkat dan adanya berbagai jenis dan merek yoghurt di pasar Indonesia. Kondisi tersebut menyebabkan adanya persaingan untuk mendapatkan pangsa pasar. Salah satu perusahaan perusahaan yang juga bersaing yaitu PT Cisarua Mountain Dairy dengan inovasi terbaru saat pandemi yaitu Yoghurt Cimory Squeeze. Sehingga perlunya dilakukan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat dengan melihat sikap dan tahapan keputusan yang dilakukan konsumen khususnya saat kondisi pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian produk Yoghurt Cimory Squeeze, (2) menganalisis sikap konsumen dalam pembelian produk Yoghurt Cimory Squeeze sebagai minuman sehat selama pandemi Covid-19, (3) menganalisis tahapan keputusan pembelian konsumen produk Yoghurt Cimory Squeeze. Penentuan sampel menggunakan metode non propability sampling dengan teknik accidental sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan time linier function. Analisis data menggunakan analisis Cochran Q Test, model analisis Multiciri Fishbein, dan analisis deskriptif. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu 49 responden. Hasil dari analisis data responden mayoritas konsumen Yoghurt Cimory Squeeze adalah perempuan dengan usia 12-24 tahun. Konsumen sebagian besar adalah pelajar atau mahasiswa yang memiliki pendidikan terakhir SMK/SMA dengan uang saku atau pendapatan sebesar Rp.1.000.000 sampai Rp.3.000.000 per bulan. Berdasarkan hasil analisis Cochran Q Test teradapat empat atribut yang dipertimbangkan konsumen saat melakukan pembelian yaitu harga, varian rasa, manfaat kesehatan dan kehalalan produk. Sikap konsumen terhadap produk Yoghurt Cimory Squeeze menunjukkan sebesar 51,02% dari total keseluruhan responden memiliki sikap positif, 40,82% menunjukkan sikap netral dan 8,16% menunjukkan sikap negatif, sedangkan berdasarkan skor variabel kepercayaan dan evaluasi nilai terendah pada atribut promosi, dan nilai tertinggi pada atribut kehalalan produk. Berdasarkan hasil analisis tahapan pengambilan keputusan, konsumen dalam melakukan pembelian Yoghurt Cimory Squeeze melalui seluruh tahapan pengambilan keputusan konsumen, mulai dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.