Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayurbox Melalui Shopee Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dki Jakarta

Main Authors: Sugianto, Finti Sarah, Prof. Dr. Ir. Kliwon Hidayat,, MS., Fitrotul Laili,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189124/1/175040100111164%20-%20FINTI%20SARAH%20SUGIANTO.pdf
http://repository.ub.ac.id/189124/
Daftar Isi:
  • Sayurbox adalah perusahaan yang didirikan oleh PT. Kreasi Nostra Mandiri. Perusahaan yang berdiri dibulan Juni 2016 ini merupakan retail online penyedia produk pertanian segar yang didatangkan langsung dari petani dan produsen lokal. Produk-produk yang ditawarkan seperti buah dan sayur-sayuran segar, serta kebutuhan pokok pangan lainnya yang berlabel organik maupun non organik. Seiring dengan peningkatan jumlah permintaan produk Sayurbox di ibukota dimasa pandemi COVID-19, telah merubah sistem pemesanan dengan selalu menyediakan produk segar setiap harinya. Selain itu, platform untuk melakukan pembelian produk Sayurbox saat ini dapat diakses melalui aplikasi, situs web, maupun marketplace seperti Shopee. Sayurbox menjadi salah satu toko resmi di Shopee dan telah memiliki performa penjualan yang baik. Tingginya angka penjualan disertai dengan ulasan berdasarkan penilaian konsumen yang banyak ditemui dalam membantu memberi informasi tambahan mengenai toko Sayurbox maupun produknya. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2021 pada konsumen Sayurbox di wilayah DKI Jakarta. Penentuan sampel respoden dengan menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel dihitung dengan rumus Rules of Thumb sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan menyebarkan kuisioner online melalui Google Form. Data hasil penelitian diolah dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif digunakan dalam mendeskripsikan karakteristik responden. Sementara analisis statistik inferensial dengan metode Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) yang bertujuan untuk menganalisis pola hubungan antar variabel dalam penelitian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh online costumer review terhadap persepsi konsumen serta pengaruh persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen produk Sayurbox di Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer review memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap persepsi konsumen dan keputusan pembelian. Variabel online customer review diukur dengan enam dimensi, yakni kualitas argumen, manfaat ulasan, kredibilitas sumber, rekomendasi pengulas, valensi ulasan dan keberpihakan ulasan. Variabel manfaat ulasan memiliki pengaruh paling besar terhadap persepsi konsumen, dimana hal ini membuktikan bahwa ulasan yang dibaca pada kolom review produk Sayurbox di Shopee memberikan manfaat dengan banyaknya informasi yang dapat diperoleh. Hasil penelitian pada variabel lainnya menunjukkan bahwa persepsi konsumen berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Indikator kemantapan pada produk menjelaskan keputusan pembelian dengan pengaruh paling besar, dimana hal ini membuktikan bahwa konsumen yakin untuk melakukan vii pembelian produk Sayurbox berdasarkan pencarian informasi dimasa pandemi COVID-19. Sejalan dengan teori SOR yang digunakan pada penelitian ini, S (Stimulus) digambarkan dengan online customer review yang diterima oleh pembaca, O (Organisme) sebagai pembaca yang menerima informasi membentuk persepsi terhadap kualitas dan nilai pada produk, dan R (Respon) sebagai bentuk tindakan lanjut atau efek yang dapat timbul pada benak pembaca berupa keputusan pembelian produk Sayurbox di Shopee.