Pengaruh Store Image Terhadap Store Satisfaction Dan Store Loyalty Pada Toko Oleh-Oleh Bje Kota Semarang

Main Authors: Saffarah, Bella Nur, Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono,, MS, Heptari Elita Dewi,, SP., MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189115/1/175040100111156%20%20-%20BELLA%20NUR%20SAFFARAH.pdf
http://repository.ub.ac.id/189115/
Daftar Isi:
  • BJE merupakan salah satu sentra bandeng dan oleh-oleh khas Semarang yang terkenal. BJE memiliki banyak konsumen yang loyal mengingat usia usaha yang sudah mencapai 40 tahun. Namun, ditinjau dari ulasan di Google Review pertanggal 5 Desember 2020, ada 9.335 ulasan dan tidak sedikit yang menyampaikan rasa kecewanya karena beberapa faktor store image yang dimiliki BJE beberapa tahun belakangan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui deksripsi variabel store image, store satisfaction dan store loyalty pada konsumen BJE, menganalisis pengaruh store image terhadap store satisfaction pada konsumen BJE dan menganalisis pengaruh store satisfaction terhadap store loyalty pada konsumen BJE. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM PLS menggunakan bantuan perangkat lunak WarPLS 7.0 untuk mengolah data yang terhimpun dari kuisioner yang disebarkan secara daring. Penentuan responden menggunakan convenience sampling terhadap 100 responden yang pernah melakukan pembelian minimal 2 kali pada BJE cabang Pandanaran. Penelitian ini memiliki hasil analisis yang menunjukkan bahwa variabel store image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap store satisfaction dan store loyalty, serta store satisfaction memiliki pengaruh positif signifikan terhadap store loyalty ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.72, 0.526 dan 0.223 serta nilai p-value sebesar ≤ 0.05. Selain itu, variabel store satisfaction terbukti menjadi variabel mediasi antara variabel store image dengan store loyalty yang memiliki pengaruh positif dan juga signifikan, ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur 0.160 dan nilai p-value 0.010. Namun dari 6 indikator yang membangun store image (merchandise, store atmosphere, pelayanan, convenience facility, harga dan lokasi), indikator convenience facility masih perlu dikembangkan lagi, mengingat banyak jawaban responden berada di skala 1-2 ketika muncul pertanyaan mengenai fasilitas yang disediakan BJE. Untuk variabel store satisfaction, secara keseluruhan responden puas terhadap kinerja BJE karena hanya ada sedikit jawaban di skala 2. Selanjutnya, untuk variabel store loyalty juga harus ditingkatkan karena muncul cukup banyak jawaban responden yang memiliki keinginan untuk berbelanja di toko lain sejenis BJE. Berdasarkan hasil tersebut saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah lebih memperhatikan kinerja toko dengan pemberian fasilitas yang menunjang kenyamanan dan infrastruktur yang memadai kepada konsumen, memperhatikan kualitas produk, menjaga suasana dan kenyamanan toko, serta menetapkan harga yang sesuai dengan kualitas produk. Selain itu, saran yang dapat diberikan kepada akademisi untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap store loyalty serta menambahkan mengenai keputusan pembelian konsumen.