Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Ekuitas Merek Dan Respon Konsumen Pada Merek Lemonilo (Survei Online Pada Pengguna Media Sosial Di Indonesia)

Main Authors: Alifiananda, Nabila, Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si., Neza Fadia Rayesa,, S.TP., M.Sc.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189104/1/175040100111138%20-%20NABILA%20ALIFIANANDA.pdf
http://repository.ub.ac.id/189104/
Daftar Isi:
  • Globalisasi berdampak pada perkembangan transformasi digital yang menjadi salah satu tantangan dari fenomena disrupsi dan harus dihadapi oleh setiap perusahaan. Fenomena disrupsi di Indonesia memberikan dampak yang cukup signifikan, salah satunya yaitu bisnis startup yang sedang marak dikembangkan di Indonesia. Perusahaan tidak hanya dituntut untuk melakukan inovasi pengembangan produk, namun juga harus melakukan penyesuaian strategi pemasaran agar tidak tergeser dalam persaingan global. Lemonilo sebagai salah satu startup lokal dengan berbagai inovasi produk yang unik sedang berusaha memposisikan merek sebagai healthy lifestyle consumer goods brand yang baik di masyarakat. Namun, perusahaan seringkali mengalami kesulitan dalam menyampaikan informasi produk maupun merek yang mereka tawarkan. Optimalisasi aktivitas pemasaran media sosial menjadi salah satu alternatif dalam strategi pemasaran karena cukup efektif dalam menyampaikan informasi, sehingga dapat memperkuat ekuitas merek dan membentuk respon positif konsumen pada suatu perusahaan maupun produk. Lemonilo harus segera melakukan optimalisasi kegiatan pemasaran untuk mencapai target dan tujuan perusahaan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Model (SEM-PLS) menggunakan alat analisis WarpPLS 7.0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh antara aktivitas pemasaran media sosial terhadap ekuitas merek dan respon konsumen pada merek Lemonilo. Lokasi penelitian dilakukan di Indonesia dengan metode survei online menggunakan kuesioner yang berlangsung mulai bulan Maret hingga Juli 2021. Penentuan responden pada penelitian dilakukan dengan pendekatan non probability sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria mereka mengetahui merek Lemonilo, pernah mengakses media sosial Lemonilo, serta pernah melakukan pembelian produk Lemonilo. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap variabel yang digunakan dalam model terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikansi yang tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa konstruk laten telah dinilai baik oleh sebagian besar responden sehingga patut untuk terus dipertahankan. Peran variabel mediasi ekuitas merek pada penelitian ini adalah menghubungkan variabel aktivitas pemasaran media sosial dalam mempengaruhi variabel respon konsumen pada merek Lemonilo, sehingga termasuk dalam mediasi parsial dan memberikan efek yang termasuk dalam kriteria kuat. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dimensi word of mouth pada aktivitas pemasaran media sosial dan premium price pada respon konsumen memiliki pengaruh paling lemah. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa optimalisasi, baik dalam pemanfaatan fitur media sosial hingga peningkatan kualitas produk. Hasil penelitian dapat dijadikan referensi bagi para pemasar untuk dapat memanfaatkan serta mengoptimalkan media sosial sebagai media pemasaran yang paling efektif dan efisien.