Aplikasi Theory Of Planned Behavior Pada Keputusan Pembelian Sayuran Di Pasar Jatinegara Selama Pandemi Covid-19
Main Authors: | Harahap, Yerho David Hasudungan, Anisa Aprilia,, SP., MP., M.BA., Dr. Silvana Maulidah,, SP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/189053/1/175040100111087%20-%20YERHO%20DAVID%20HASUDUNGAN%20HARAHAP.pdf http://repository.ub.ac.id/189053/ |
Daftar Isi:
- Salah satu kebijakan pemerintah Indonesia selama pandemi COVID-19 adalah pembatasan aktivitas masyarakat. Kebijakan tersebut menjadi salah satu hambatan bagi setiap konsumen untuk melakukan kegiatan pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga, seperti melakukan pembelian secara langsung ke pasar tradisional. Setiap konsumen harus tetap memenuhi kebutuhan pangan rumah, dikarenakan kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Ditengah pandemi COVID-19, masih banyak masyarakat yang tetap melakukan pembelian kebutuhan pangan secara langsung di pasar tradisional, salah satunya Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Peneliti melihat terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian sayuran secara langsung di Pasar Jatinegara ditengah masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, melalui analisis deskriptif statistik dan analisis SEM-PLS dengan aplikasi WarpPLS 7.0. Penelitian ini akan menguji variabel Theory of Planned Behavior, yaitu sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku terhadap niat beli konsumen dan keputusan pembelian konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menganalisis pengaruh sikap terhadap niat beli konsumen akan sayuran di Pasar Jatinegara selama pandemi COVID-19, (2) Menganalisis pengaruh norma subjektif terhadap niat beli konsumen akan sayuran di Pasar Jatinegara selama pandemi COVID-19, (3) Menganalisis pengaruh persepsi kontrol perilaku terhadap niat beli sayuran di Pasar Jatinegara selama pandemi COVID-19, serta (4) Menganalisis pengaruh niat beli konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran di Pasar Jatinegara selama pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen. Indikator yang paling mempengaruhi dalam variabel sikap yaitu kenyamanan dalam melakukan pembelian. Variabel norma subjektif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen. Indikator yang paling berpengaruh pada norma subjektif yaitu dorongan teman dekat untuk melakukan pembelian. Variabel persepsi kontrol periaku memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli konsumen. Indikator yang paling mempengaruhi persepsi kontrol perilaku yaitu kemampuan konsumen untuk melakukan pembelian. Sehingga, secara keseluruhan theory of planned behavior memiliki pengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen. Variabel niat beli konsumen memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian. Dimana indikator yang paling dibangun oleh variabel niat beli yaitu melaukan pembelian secara berkala. Dan untuk indikator yang dibangun oleh keputusan pembelian yaitu secara keseluruhan merasa puas dalam melakukan pembelian. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk memperhatikan indikator baru pada variabel norma subjektif dikarenakan pada penelitian terdahulu variabel tersebut merupakan variabel dengan pengaruh yang paling kecil serta perlu untuk memperluas jangkauan penelitian di tingkat kota.