Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Dan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Makanan Sehat Di Kota Malang
Main Authors: | Othysalonika, -, Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS., Febriananda Faizal,, SP., MP. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/189051/1/175040100111084%20-%20OTHYSALONIKA.pdf http://repository.ub.ac.id/189051/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan bisnis kuliner di kota Malang pada setiap tahun selalu mengalami kenaikan, sehingga membuat persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat. Salah satu strategi untuk menghadapi persaingan yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Saat ini pemasaran lebih banyak dilakukan secara online melalui internet, dikarenakan jumlah pengguna internet yang semakin banyak, serta pengunaannya yang lebih mudah dan murah. Alasan utama seseorang menggunakan internet yaitu untuk menggunakan media sosial seperti Instagram. Instagram mampu menerapkan strategi visual yang membuatnya efektif untuk mempromosikan produk, hal tersebut membuat perusahaan berlomba untuk memasarkan produk maupun jasanya melalui media sosial Instagram. Tren penggunaan media sosial juga membuat adanya perubahan positif dalam hal gaya hidup, salah satunya yaitu makin tingginya kesadaran masyarakat Indonesia akan produk makanan sehat dan berbahan organik. Terjadinya pandemi COVID-19 saat ini semakin membuat masyarakat lebih menjaga gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal-hal diatas dibaca dengan baik oleh pelaku usaha yang kini semakin banyak bergerak di bisnis kuliner sehat. Kondisi tersebut tentu menyebabkan persaingan bisnis kuliner di kota Malang semakin menantang bagi perusahaan makanan sehat Dailee. Perusahaan harus memperhatikan elemen the 7C Framework Interface Costumer dalam social media marketing dengan sebaik mungkin, supaya mampu mempengaruhi minat dan keputusan pembelian konsumen, serta tidak kalah bersaing dengan usaha kuliner sehat lainnya. Penelitian ini membahas tentang pengaruh social media marketing terhadap minat dan keputusan pembelian konsumen di Dailee. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sebanyak 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS), menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu social media marketing yang terdiri atas variabel context, content, communication, dan connection memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat beli konsumen di Dailee, dengan variabel connection yang memiliki nilai path coefficient paling besar dalam mempengaruhi minat beli konsumen. Minat beli memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Dailee, dengan indikator minat eksploratif yang memiliki nilai path coefficient paling kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Social media marketing yang terdiri atas variabel context, content, communication, dan connection memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian melalui minat beli konsumen di Dailee, dengan variabel connection yang memiliki nilai t hitung paling besar dalam mempengaruhi keputusan pembelian melalui minat beli konsumen.