Pengaruh Strategi Viral Marketing Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Bakpia Kukus Tugu Jogja

Main Authors: Ridwan, Muhammad, Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin,, MS., Dr. Riyanti Isaskar,, SP., M.Si.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/189043/1/175040100111081%20-%20Muhammad%20Ridwan.pdf
http://repository.ub.ac.id/189043/
Daftar Isi:
  • Kondisi persaingan antar industri yang semakin ketat menuntut para pelaku bisnis untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat srategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan yaitu viral marketing dan digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung viral marketing dan digital marketing terhadap kepercayaan konsumen, menganalisis pengaruh langsung viral marketing dan digital marketing terhadap keputusan pembelian serta menganalisis pengaruh tidak langsung viral marketing dan digital marketing terhadap keputusan pembelian dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan lokasi penelitian di industri Bakpia Kukus Tugu Jogja. Metode penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data secara langsung (kuesioner, wawancara, observasi) dan tidak langsung (web resmi, artikel jurnal, dokumentasi). Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software WarpPLS 5.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel viral marketing (X1) dan digital marketing (X2) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen (Y1). Variabel viral marketing (X1) secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2), sedangkan variabel digital marketing (X2) secara langsung berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2). Variabel viral marketing (X1) dan digital marketing (X2) secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y2) dengan kepercayaan konsumen (Y1) sebagai variabel intervening. Saran yang dapat penulis berikan bagi Industri Bakpia Kukus Tugu Jogja untuk kedepannya agar dapat mempertahankan konsistensi konten dan optimalisasi fitur instagram serta dapat mempertahankan rating dan review positif dari konsumen di e-commerce. Meningkatkan pelayanan customer service kepada konsumen karena indikator customer service merupakan indikator terlemah dalam mengukur digital marketing terhadap kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian.