Strategi Promosi Omah Sayur Mq’s Melalui Media Sosial Instagram Saat Pandemi Covid 19
Main Authors: | Miladiah, Ayu Fadilatul, Sugeng Riyanto,, SP.,M.Si. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188991/1/175040100111025%20-%20AYU%20FADILATUL%20MILADIAH.pdf http://repository.ub.ac.id/188991/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya pada aspek kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran berubah dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran online (digital marketing). Digtal marketing dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Apalagi kondisi Indonesia saat ini masih dalam masa pandemi covid 19, hal ini yang menjadikan pelaku usaha banyak menerapkan digital marketing dengan memanfaatkan media sosial. Salah satu usaha tersebut yaitu Omah Sayur MQ’s Malang. Omah Sayur MQ’s merupakan suatu usaha yang bergerak dalam bidang pertanian terutama dalam pemasaran produk pertanian. Omah Sayur MQ’s melakukan kegiatan pemasaran dengan menerapkan digital marketing yang memanfaatkan berbagai macam media sosial, salah satunya yaitu Instagram. Akun Instagram Omah Sayur MQ’s memiliki pengikut sebanyak 466 orang. Omah Sayur MQ’s menyediakan sayuran segar, ikan segar, frozen food, dan kebutuhan dapur lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi promosi yang dilakukan Omah Sayur MQ’s melalui Instagram serta efektivitas penggunaan Instagram tersebut dengan menggunakan EPIC model. Penelitian ini dilakukan di Omah Sayur MQ’s yang berlokasi di Jl. Watu Damar No.4 Girimoyo, Karangploso. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode dalam penentuan sampel menggunaan metode purposive sampling. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan EPIC model. Pengukuran efektivitas menggunakan analisis EPIC model yang terdiri dari 4 dimensi kritis yaitu empathy, persuation, impact dan communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Omah Sayur MQ’s melalui Instagram berupa informasi mengenai produk, update harga produk serta potongan harga untuk produk tertentu. Informasi yang diberikan menggunakan caption yang dapat membujuk dan menarik konsumen untuk membeli produk Omah Sayur MQ’s. Selain itu, penggunaan Instagram yang dilakukan Omah Sayur MQ’s termasuk dalam rentang skala efektif untuk diterapkan. Sehingga, saran yang dapat diberikan yaitu agar Omah Sayur MQ’s memperhatikan konten pada setiap postingannya dengan pengaturan atau penataan feed yang diunggah pada Instagram Omah Sayur MQ’s, pengaturan warna yang selaras pada setiap postingannya agar tampilan Instagram Omah Sayur MQ’ terlihat rapi dan menarik. Selain itu juga dapat memberikan konten yang menarik serta rutin untuk melakukan promosi di Instagram. Lalu, pada penelitian selanjutnya dapat menguji efektivitas dengan menggunakan model lain.