Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung (Zea Mays L.) Di Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri

Main Authors: Krisbianto, Wahyu Dhigma, Dr. Fahriyah,, SP.,M.Si., Alia Fibrianingtyas,, SP.,MP.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188884/1/165040118113002%20-%20WAHYU%20DHIGMA%20KRISBIANTO.pdf
http://repository.ub.ac.id/188884/
Daftar Isi:
  • Jagung memiliki kedudukan yang paling penting setelah beras karena jagung termasuk ke dalam salah satu bahan makanan pokok di Indonesia. Jagung digunakan untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga, kebutuhan industri non makanan, dan kebutuhan pakan secara langsung. Kabupaten Kediri merupakan salah satu sentra produksi jagung di mana Kecamatan yang memiliki kontribusi besar sebagai pemasok jagung di Kabupaten Kediri kedua adalah Kecamatan Plemahan. Desa yang memiliki kontribusi besar sebagai pemasok jagung di Kecamatan Plemahan adalah Desa Tegowangi di mana merupakan sentra penghasil jagung di Kecamatan Plemahan. Sistem pemasaran jagung di Desa Tegowangi melibatkan beberapa lembaga pemasaran seperti pengepul desa maupun penebas. Keterlibatan lembaga pemasaran di karenakan adanya keterbatasan petani dalam mengakses konsumen. Hal ini membuat fungsi dari lembaga pemasaran sangat berperan penting untuk menyalurkan jagung tersebut dari produsen sampai ke konsumen. Keterlibatan lembaga-lembaga pemasaran membuat harga jagung di tingkat petani dengan harga jagung yang dibayarkan oleh konsumen berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran jagung manis di daerah penelitian. Mendeskripsikan fungsi pemasaran jagung manis di daerah penelitian dan menganalisis efisiensi pemasaran jagung di daerah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri di dasarkan atas pertimbangan kepemilikan luas lahan jagung manis terbesar di Kabupaten Kediri. Serta di desa tersebut terdapat pelaku pemasaran jagung yang dapat di jadikan objek penelitian dari 165 populasi. Dengan menggunakan metode simple random sampling. Data yang digunakan yakni dari data dokumentasi dan wawancara kepada pelaku pemasaran jagung dengan metode Snowball sampling. Analisis yang digunakan dalam studi ini yaitu analisis data kuantitatif untuk menganalisis saluran pemasaran dan menganalisis efisiensi pemasaran jagung yang diukur dengan menggunakan pendekatan efisiensi operasional dari perhitungan margin pemasaran, Farmer share, rasio keuntungan dan biaya