Peningkatan Kemampuan Menyusun Teks Ulasan Melalui Model Concept Sentence Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Batu
Main Author: | Mufatiroh, Navida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/1888/1/Navida%20Mufatiroh.pdf http://repository.ub.ac.id/1888/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang dialami siswa yaitu siswa kurang mampu membedakan struktur teks ulasan yang terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman, membutuhkan waktu lama, pembelajaran masih bersifat textbook, dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, sehingga menyebabkan proses pembelajaran pasif dan membosankan. Model concept sentence dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini penulis akan menjawab rumusan masalah yaitu (1) bagaimana penerapan model concept sentence dalam pembelajaran menyusun teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batu, (2) bagaimana peningkatan kemampuan menyusun teks ulasan melalui model concept sentence pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Batu dengan subjek penelitian kelas VIII-G. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyusun teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batu dengan menggunakan model concept sentence. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian aktivitas guru pada siklus I pertemuan I kategori sangat baik 0,00%, baik 75%, cukup 8,33%, kurang 16,67%. Siklus I pertemuan II kategori sangat baik 16,67%, baik 79,17%, cukup 0,00%, kurang 4,17%. Pada siklus II pertemuan I penilaian aktivitas guru kategori sangat baik 58,33%, baik 41,67%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan II kategori sangat baik 75%, baik 25%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Hasil penilaian aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I pada kategori sangat baik 0,00%, baik 54,17%, cukup 29,17%, kurang 16,67%. Siklus I pertemuan II kategori sangat baik 16,67%, baik 75%, cukup 8,33%, kurang 4,17%. Siklus II pertemuan I penilaian aktivitas siswa pada kategori sangat baik 37,5%, baik 62,5%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Siklus II pertemuan II kategori sangat baik 58,33%, baik 41,67%, cukup 0,00%, kurang 0,00%. Nilai hasil siswa dalam menyusun teks ulasan melalui model concept sentence mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tahap prasiklus 65,97, pada siklus pertama nilai rata-rata menjadi 70,86 dari 13 siswa tuntas KKM dan 16 siswa belum tuntas KKM dengan persentase ketuntasan 44,82%. Pada siklus kedua rata-rata nilai siswa menjadi 88,21 dari 28 siswa tuntas KKM dengan persentase kelulusan 100%.