Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembeli Produk Chicken Frozen Food

Main Authors: Banurea, Dian Fronika, Dr. Ir. Umi Wisaptiningsih Suwandi,, MS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188768/1/Dian%20Fronika%20Banurea.pdf
http://repository.ub.ac.id/188768/
Daftar Isi:
  • Industri pengolahan daging dalam negeri mengalami pertumbuhan produksi rata-rata sebesar 10 sampai 15 persen. Masyarakat di negara berkembang, khususnya Indonesia, mulai mengikuti pola konsumsi di negara-negara maju, yaitu mengkonsumsi daging olahan sebagai makanan sehari-hari dan memenuhi kebutuhan pangan dengan produk daging olahan yang bergizi, higienis, praktis, mudah dalam penyajiannya, hemat waktu dan mudah didapat. Hal ini didukung dengan adanya produk makanan olahan beku (frozen food). Semakin banyaknya perusahaan yang mengembangkan usaha ke arah makanan olahan beku menyebabkan konsumen lebih bebas memilih produk chicken nugget sesuai selera dan keinginan konsumen.Tujuan dari penelitian ini antara lain: Menganalisis apa saja faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap pembelian produk chicken frozen fooddan Mengetahui Sikap apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen ketika akan melakukan pembelian produk chicken frozen food. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai data utama yang kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sebagai metode analisis, untuk mengurangi subjektifitas penulis dalam proses analisis juga melihat dari literatur lain seperti: berita, artikel, jurnal ilmiah, penelitian (tesis dan skripsi), proceedings, dan buku yang terkait dan disesuaikan dengan pembahasan data utama. Hasil penelitian perkembangan industri makanan olahan saat ini semakin meningkat diakibatkan daya beli konsumen yang meningkat dan perubahan pola hidup masyarakat Indonesia yang beralih dari produk makanan segar ke produk siap saji seperti frozen food. Frozen food merupakan olahan makanan instan beku yang tahan lama dan mudah dalam penyajiannya. Saat ini produk olahan daging ayam maupun sapi seperti frozen food menjadi pasar yang menjanjikan di Indonesia.Ada banyak merek nugget yang beredar di pasar Indonesia, dengan banyaknya merek nugget di Indonesia, maka Frontier Consulting Group melakukan riset untuk mengetahui merek mana yangmenjadi Top Brand di Indonesia. Merk atau brand yang dikenal oleh masyarakat adalah brand Fiesta, So Good, Belfoods, Kanzler, Goldstar, Akumo, Okey. Brand ini mempunyai ragam product frozen food seperti sosis, nugget, bakso, siomay, kentang, dan chicken wings. Keputusan pembelian produk oleh konsumen pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor yang mempengaruhi konsumen terhadap pembelian produk chicken frozen food berdasarkan keputusan pembelian, produk, harga, tempat, dan promosi. Kualitas olahan makanan ayam berdasarka merek, rasa, kemasan, dan harga akan mempengaruhi perilaku pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa faktor yang paling penting dalam mempengaruhi keputusan pembeli produk chicken frozen food dalam memilih produk frozen food berturut-turut adalah rasa, harga, kemasan, merek dilihat dan dibandingan dari merek Champ, Fiesta, So Good , dan juga Belfoods. Diharapkan Pembeli chicken frozen food dapat mempertimbangkan faktor-faktor pemilihan makanan yag sehat, bersih, dan terjamin kualitasnya. Pengusaha chicken frozen food dapat mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli produk chicken frozen food.