Penerapan Target Costing Pada Produk Manisan Mangga Berbasis Online Di Umkm Sumber Rejeki Kabupaten Tangerang
Main Author: | Proborini, Satwika Laksmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188762/1/145040101111088%20-%20SATWIKA%20LAKSMI%20PROBORINI.pdf http://repository.ub.ac.id/188762/ |
Daftar Isi:
- UMKM Sumber Rejeki merupakan salah satu industri rumah tangga yang mengolah hasil pertanian yaitu buah mangga menjadi produk manisan mangga. Terdapatnya produk yang serupa membuat persaingan semakin ketat antar pengusaha. Hadirnya kompetitor-kompetitor baru yang mengakibatkan UMKM Sumber Rejeki harus menyesuaikan harga jual manisan mangga dengan harga yang sama yang ada dipasaran. Hal tersebut membuat semakin sulitnya UMKM Sumber Rejeki dalam mencapai target laba yang mereka harapkan. Selain itu perhitungan biaya yang perusahaan terapkan yaitu dengan menggunakan metode standard costing belum dapat menghasilkan biaya yang efisien, sehingga masih terdapat biaya yang cukup besar untuk dikeluarkan oleh perusahaan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mendeskripsikan perbandingan pemasaran secara online dan pemasaran offline yang telah dilakukan oleh UMKM Sumber Rejeki dan menganalisis perbandingan hasil perhitungan biaya produksi dan laba dengan penerapan metode standard costing dan metode target costing pada UMKM Sumber Rejeki. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis perhitungan biaya-biaya dengan metode standard costing dan metode target costing. Penelitian ini dilakukan di UMKM Sumber Rejeki yang berada di Perumahan Jaya Imperial Park, Cluster Imperial Green Blok Extention No. IGN L01, Jalan Raya Mauk KM 11 Kelurahan Sepatan, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Penentuan lokasi penelitian ini dipilih secara purposive (sengaja). Penentuan responden dilakukan dengan teknik purposive sampling, responden yang digunakan dalam penelitian ini merupakan key informant yaitu pemilik dari perusahaan UMKM Sumber Rejeki. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdapat 2 macam teknik analisis data yaitu analisis kuantitatif yang menggunakan metode standard costing dan metode target costing dan penggunaan analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan perbandingan hasil perhitungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemasaran berbasis offline dan online yang dilakukan oleh UMKM Sumber Rejeki memiliki presentase perbandingan sebesar 2%:98%. Pemasaran berbasis offline dilakukan dengan menggunakan berbagai macam strategi pemasaran yaitu pemasaran dari mulut ke mulut, pemberian tester/ sampel, pemasangan banner, dan konsinyasi. Pemasaran berbasis online dilakukan dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan Whatsapp selain itu juga pemasaran berbasis online dilakukan dengan memanfaatkan beberapa marketplace seperti Lazada, shopee, dan Tokopedia. Total biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan pada tahun 2020 ii untuk memproduksi manisan mangga pada tahun 2020 dengan menggunakan metode standard costing yaitu sebesar Rp 373.106.484 atau setara dengan Rp 9.667 per kemasan. Laba bersih yang didapatkan dari penjualan manisan mangga pada tahun 2020 yakni sebesar Rp 21.536.716 dengan margin profit sebesar 3,3% yang menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu mencapai target laba yang diharapkan oleh perusahaan yaitu sebesar 10%. Sementara itu hasil perhitungan total biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan untuk memproduksi manisan mangga dengan menggunakan metode target costing yaitu sebesar Rp Rp 328.927.092 atau setara dengan Rp 8.516 per kemasan dengan laba bersih yang didapatkan dari penjualan manisan mangga pada tahun 2020 yakni sebesar Rp 65.632.908 dengan margin profit setelah dilakukannya rekayasa nilai sebesar 14% yang menunjukkan bahwa perhitungan biaya menggunakan metode target costing dapat mencapai target laba perusahaan yang diharapkan yaitu sebesar 10%. Berdasarkan hasil perbandingan dari kedua metode tersebut bahwa terdapat selisih biaya sebesar Rp 18.180.864 yang menunjukkan bahwa metode target costing mampu menghemat biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan menekan dibeberapa komponen biaya tanpa mengurangi kualitas produk tersebut. Sehingga penggunaan metode target costing melalui alternatif-alternatif yang telah diberikan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan UMKM Sumber Rejeki dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan perusahaannya.