Efektivitas Pengunaan Media Sosial Instagram Sebagai Promosi Serta Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Rumah Makan Fos Food Mojokerto di Era Pandemi Covid 19

Main Authors: Safii, Muhammad Permana Hendra, Lina Asmara Wati,, S. Pi., MP., MBA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188484/1/Mohammad%20Permana%20Hendra%20Safi%60i.pdf
http://repository.ub.ac.id/188484/
Daftar Isi:
  • Kemajuan teknologi yang berkembang pesat juga berdampak pada dunia bisnis pemasaran akan tetapi. Pada tahun 2020 di setiap negara yang ada diberbagai dunia mengalami, musibah akibat penyebaran virus Corona (Covid 19), berbagai tindakan antisipasi pemerintah dalam menanggulani virus mulai dari social distance dan saran untuk bekerja dari rumah dan menutup semua sektor pelayanan publik. Hal itulah yang menjadikan kondisi UMKM dan para pelaku usaha mikro kecil khususnya di berbagai kota yang menerapkan PSBB. Akibatnya perekonomian melemah karena daya beli konsumen yang menurun. Meskipun demikian, masyarakat tetap cerdas untuk memanfaatkan kesempatan untuk berkarya dan menghasilkan pendapatan. Salah satu pemanfaatan yang dimaksud adalah penggunaan media sosial sebagai lahan promosi dan Rumah makan Fos Food Mojokerto adalah salah satu usaha rumah makan yang menggunakan media sosial instagram sebagai media promosi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media sosial instagram pada rumah makan Fos Food Mojokerto berdasarkan epic model. Serta menganalisis pengaruh promosi menggunakan media sosial instagram terhadap volume penjualan Rumah makan FOS Food Mojokerto di era pandemi covid 19. Penelitian dilaksanakan di rumah makan Fos Food Mojokerto Jl. Semeru No.19, Mergelo, Wates, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur. Dilaksanakan pada bulan dilaksanakan pada bulan 15 April -16 September 2021. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Metode pengumpalan data metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari penyebaran kuisoner, wawancara dan obeservasi. Jenis sumber data yaitu primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen atau pengunjung yang membeli produk rumah makan Fos Food Mojokerto. Metode pengambilan sampel yang akan digunakan adalah menggunakan teknik insidental sampling pengambilan sampel berdasarkan linear time function. Uji instrumen data yang dilakukan adalah uji validitas dan realibilitas, teknik analisis menggunakan deskriptif kuantitaif untuk mendeskriptifkan karakteristik responden yang mengunjungi rumah makan Fos Food melalui data pengisian kuesioner dan juga wawancara serta menggunakan metode tabulasi dari jawaban responden melalui hasil kuisoner yang telah diisi oleh respon. Kemudian dianalisis menggunakan menggunakan epic model dan di presentasikan. Hasil menunjukkan kegiatan promosi yang dilakukan rumah makan Fos Food masuk pada rentang skala yang efektif dengan hasil epic rate sebesar 3,905. Promosi (X) berpengaruh positif signifikan terhadap volume penjualan (Y) pada Rumah makan Fos Food pada masa pandemi covid 19 dibuktikan dengan hasil uji t dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh Promosi (X) terhadap volume penjualan (Y) koefisien korelasi R = 0,488 (48,8%) sisanya dipengaruh oleh variabel- variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Saran dari penelitian ini diharapkan untuk promosi rumah makan Fos Food harus lebih kreatif dalam menyampaikan promosi sehingga konsumen mendapatkan dampak yang berarti dalam promosi tersebut dan untuk penelitian selanjutnya. kurangnya daya beli konsumen dikarenakan social distance akibat penyebaran covid 19 dan menutup semua sektor pelayanan publik. Sedangkan mencari responden yang berkunjung dan membeli dirumah makan sangat penting karena hal itu akan memudahkan responden untuk mengisi kuesioner agar hasilnya lebih valid