On the perception of EFL learners: digital-based vs conventional learning platforms usage toward motivation in learning English

Main Authors: Krisanti, Yunita Dwi, Dian Inayati, S.Pd. M.Ed.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188477/1/Yunita%20Dwi%20Krisanti.pdf
http://repository.ub.ac.id/188477/
Daftar Isi:
  • Mengenali persepsi peserta didik terhadap penggunaan platform pembelajaran sangat penting karena temuan dapat digunakan sebagai wawasan bagi instruktur untuk mengevaluasi kelas dan membuat proses pembelajaran menjadi lebih nyaman. Tidak hanya itu, motivasi peserta didik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris karena berkaitan dengan kebutuhan peserta didik, apa yang membuat mereka bersemangat untuk belajar, dan orientasi motivasi yang terkait dengan tujuan belajarnya. Berkaitan dengan hal itu, penelitian ini ditujukan untuk menginvestigasi persepsi peserta didik pada penggunaan platform berbasis digital dan pada platform pembelajaran konvensional, motivasi belajar bahasa Inggris, korelasi antara persepsi pada penggunaan platform berbasis digital dan motivasi belajar bahasa Inggris, dan korelasi antara persepsi pada penggunaan platform conventional dan motivasi belajar bahasa Inggris. Penelitian ini melibatkan 100 mahasiswa tahun ketiga jurusan pendidikan bahasa Inggris. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, digunakan 3 macam kuesioner untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini. Penulis menganalisis korelasi antar variabel dengan memasukkan skor ke dalam SPSS. Rumus Korelasi Pearson Product Moment digunakan dalam penelitian ini. Temuan menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa pada kedua platform tersebut tergolong dalam level sedang hingga tinggi. Di samping itu, temuan mengenai motivasi mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris menunjukkan bahwa motivasi mereka termasuk dalam kategori sedang hingga tinggi. Dari segi korelasi antar variabel, kedua korelasi tersebut menghasilkan korelasi yang positif, namun nilai koefisien korelasi berada pada taraf yang berbeda. Nilai koefisien korelasi persepsi peserta didik pada platform berbasis digital dan motivasi belajar bahasa Inggris menunjukkan korelasi sedang, sedangkan koefisien korelasi persepsi peserta didik pada platform konvensional dan motivasi dalam belajar bahasa Inggris menunjukkan korelasi rendah. Karena penggunaan kedua platform mempengaruhi motivasi mereka, dan perbedaan preferensi terhadap kedua platform tidak begitu signifikan, metode pembelajaran dan pengintegrasian platform yang seimbang sangat disarankan.