The Ability of Elementary School Fourth Graders of Kampung Biru Arema to Acquire and Learn English Vocabulary
Main Authors: | Putri, Tamara Felyncia Eka, Istiqomah Wulandari, S.Pd., M.Ed., |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188459/1/Tamara%20Felyncia%20Eka%20Putri.pdf http://repository.ub.ac.id/188459/ |
Daftar Isi:
- Pemerolehan dan pembelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas empat yang tinngal di Kampung Biru Arema (KBA) menarik untuk dianalisis karena KBA merupakan desa wisata yang dikunjungi beberapa turis asing. Namun, siswa sekolah dasar yang tinggal di KBA tidak mempelajari Bahasa Inggris di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana siswa kelas empat Sekolah Dasar Negeri yang tinggal di Kampung Biru Arema (KBA) dalam memperoleh dan mempelajari kosa kata Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, serta menganalisis metode pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan tes. Hasilnya menunjukkan bahwa ada empat sumber dalam memperoleh dan mempelajari kosa kata Bahasa Inggris yaitu: YouTube, game, percakapan seharihari, dan kursus privat. Berdasarkan dari sumber, baik proses pemerolehan maupun pembelajaran dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Lebih lanjutnya, tingkat referensi umum siswa kelas empat Sekolah Dasar Negeri yang tinggal di KBA adalah Waystage (A1) and Threshold (B1). Metode pengajaran yang efektif dalam mempelajari kosa kata Bahasa Inggris di kampung tersebut dengan menggunakan gambar dan alat peraga. Penelitian ini hanya terbatas pada kosa kata. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya perlu menganalisis menggunakan teori yang berbeda untuk analisis yang lebih mendalam. Penelitian selanjutnya dapat menganalisis kemampuan atau komponen bahasa lainnya, dan menemukan teknik mengajar yang efektif menggunakan metode lain yang lebih beragam.