Students’ Perception of Using Google Classroom in ELT during Pandemic. English Language Education Program, Language Education Department, Faculty of Cultural Studies
Main Authors: | Ginting, Rea, Dr. Sugeng Susilo Adi, M. Hum. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188425/1/REA%20ERLIKASNA%20GINTING.pdf http://repository.ub.ac.id/188425/ |
Daftar Isi:
- Pandemi Covid-19 telah melanda berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Pada tanggal 2 Maret 2020, Presiden Indonesia menyatakan Covid-19 sudah masuk ke Indonesia. Hal ini berdampak pada berbagai bidang, termasuk pendidikan. Nadiem Makarim selaku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengumumkan bahwa pengadaan sekolah tatap muka akan diganti secara online. Guru dan siswa melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Banyak platform yang direkomendasikan untuk pembelajaran online, salah satunya adalah Google Classroom. Salah satu SMP di Pontianak, SMPN 10 Pontianak, menggunakan Google Classroom sebagai media utama dalam pembelajaran, khususnya di pelajaran bahasa inggris. Melihat fakta tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang persepsi siswa mengenai penggunaan Google Classroom dalam pelajaran bahasa Inggris pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode desain kuantitatif. Lebih tepatnya, penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket yang dibagikan secara online kepada 100 siswa kelas 8 SMPN 10 Pontianak. Banyak siswa merespon positif mengenai penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran selama pandemi. Hasil penelitian ini terdiri dari 3 aspek yaitu kegunaan, kemudahan penggunaan dan kepuasan menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada saat pandemi. Sebagian besar siswa setuju bahwa platform Google Classroom membantu mereka terus belajar bahasa Inggris selama pandemi. Siswa juga merasakan kemudahan dalam menggunakan Google Classroom baik dari segi fitur maupun penggunaan sebagai media dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dan juga selama semester ganjil tahun 2020, siswa merasa puas menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran bahasa Inggris dikala pandemi. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan menggali lebih jauh persepsi siswa dalam menggunakan Google Classroom atau platform lain sebagai media pembelajaran selama pandemi.