Pengaruh Tax Awareness dan Tax Morale terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Malang
Main Authors: | Hidayatulloh, Moh.Hamim, Brillyanes Sanawiri,, S.AB. MBA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188424/1/Moh.Hamim%20Hidayatulloh.pdf http://repository.ub.ac.id/188424/ |
Daftar Isi:
- Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional menurut harga berlaku pada tahun 2017 adalah sekitar 60% atau sebesar Rp 5.940 triliun (BPS, 2018). Namun Pajak yang terserap dari sektor UMKM yakni PPh Final bahkan pada tahun 2017 hanya sebesar 5,7 triliun rupiah. Padahal pada tahun 2017 tersebut masih berlaku Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 yang mengatur tarif Pajak Penghasilan (PPh) Final untuk UMKM adalah 1% dimana pada Tahun 2018 telah dirubah oleh PP Nomor 23 Tahun 2018 dengan tarif 0,5%. Artinya masih banyak potensi Pajak UMKM yang belum tergali. Penelitian ini ingin memberikan kontribusi akademis terhadap gambaran optimalisasi potensi pajak UMKM melalui pendekatan Kesadaran dan Moralitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan Kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 100 sampel UMKM di Kota Malang. Hipotesis yang diuji adalah 1) pengaruh secara signifikan Tax Awareness terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM; 2) pengaruh secara signifikan Tax Morale terhadap Kepatuhan Wajib Pajak; 3) pengaruh secara simultan dan signifikan Tax Awareness dan Tax Morale terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Tax Awareness atau Kesadaran Pajak dan Tax Morale atau Moral Pajak baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Malang