Manajemen Program Fisip Apps (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Applications) Dalam Rangka Optimalisasi Pelayanan Perguruan Tinggi (Studi di Bagian Keuangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang)

Main Authors: Puspitasari, Rahma, Prof. Dr. Sumartono,, MS., Dr. Ainul Hayat, M.Si.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188416/1/Rahma%20Puspitasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/188416/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan manajemen yang baik terhadap sebuah program dalam institusi pendidikan agar dapat mencapai optimalisasi penyelenggaraan layanan. Kebutuhan tersebut didasarkan pada munculnya permasalahan-permasalahan yang menimbulkan ketidakpuasan dari pengguna layanan. Celah dalam system layanan inilah yang kemudian perlu dibenahi, dari yang semula konvensional menjadi sistem yang memanfaatkan teknologi. FISIP Apps merupakan sistem terintegrasi guna mendukung efisiensi dan optimalisasi dalam penyelangfaraan layanan di institusi Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen program FISIP Apps dalam rangka optimalisasi pelayanan di bagian keuangan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, observasi, studi dokumen dan juga peristiwa. Analisis data kualitatif yang digunakan adalah model interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Data yang diperoleh dalam penelitian ini kemudian akan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa manajemen program FISIP Apps secara terintegrasi dapat mendukung optimalisasi pelayanan di FISIP UB. Hal ini tercermin dari keempat fungsi manajemen yang telah terlaksana dengan baik, meliputi planning (kejelasan tujuan, kebijakan dan prosedur FISIP Apps), organizing (system koordinasi, pembagian kerja dan struktur organisasi berdasarkan level kewenangan pengguna), actuating (pemberian perintah, pedoman dan tugas serta mekanisme dan tata laksana FISIP Apps yang sistematis), serta controlling (pengawasan yang bertahap dan berjenjang secara langsung atau online dan tidak langsung atau offline). Selain itu terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program FISIP Apps yang terbagi menjadi kendala internal, terdiri dari ketidakpastian waktu verifikasi pengajuan, pembedaan akses pengguna, alur birokrasi yang belum sepenuhnya online, keterbatasan kendali untuk perbaikan dan pengembangan program serta belum adanya fitur tambahan sebagai pendukung aplikasi, dan juga kendala eksternal, terdiri dari factor psikologis dan budaya pengguna layanan FISIP Apps serta kebergantungan terhadap sinyal tekomunikasi.