The Use of Listen-Read-Discuss (L-R-D) Strategy to Improve the Student’s Reading Comprehension
Main Authors: | Rohmi fadilatur,, Rohmi fadilatur,, Ika Puspitasari, M.Pd. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188394/1/Nur%20Fadilatur%20Rohmi.pdf http://repository.ub.ac.id/188394/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Listen-Read-Diskusikan (L-R-D) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas dua MTs SHIFA 'KALIPARE pada tahun akademik 2019/2020 (2) Untuk mengetahui sejauh mana penggunaan strategi Listen-Read-Diskusikan (L-R-D) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa di kelas dua MTs SHIFA 'KALIPARE. Untuk mencapai tujuan penelitian, Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk 30 siswa VIII MTs SHIFA 'KALIPARE dengan kriteria keberhasilan ketika minimal 60% siswa mampu mencapai skor lebih dari ≥ 70. Kriteria tersebut ditetapkan sehubungan dengan kondisi sebelumnya bahwa 60.40% siswa berada di skor pemahaman rendah sementara hanya 39.60% berada di skor pemahaman tinggi. Untuk mengukur pemahaman membaca siswa, teks Recount digunakan sebagai pre-test dan post-test. Sementara, membaca teks dan mendengarkan digunakan sebagai latihan selama di kelas, dan pedoman wawancara digunakan untuk mengevaluasi kegiatan belajar mengajar berhasil atau tidak dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi L-R-D sebagai strategi dapat membantu siswa memahami teks bahasa Inggris lebih cepat dan peningkatannya terlihat dari peningkatan skor. Selain itu, siswa mengalami peningkatan yang signifikan dalam kosakata bahasa Inggris mereka seperti yang ditunjukkan pada hasil post-test bahwa 20% siswa mendapatkan nilai pemahaman yang rendah. Dengan demikian kriteria sukses tercapai. Selain itu, strategi L-R-D dapat membantu siswa mengekspresikan idenya saat belajar bahasa Inggris, kesimpulannya penggunaan strategi L-R-D dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam membaca teks bahasa Inggris.