Students’ Perception Towards Emergency Remote Learning Environment. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Main Authors: Anggraini, Narulita., Peptia Asrining Tyas, S.Pd., M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188380/1/NARULITA%20ANGGRAINI.pdf
http://repository.ub.ac.id/188380/
Daftar Isi:
  • Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Gangguan tersebut memaksa semua kegiatan pendidikan beralih dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran virtual untuk mencegah penyebaran virus korona. Pergeseran darurat ini disebut sebagai Emergency Remote Learning (ERL). Beberapa studi sebelumnya hanya berfokus pada media dan gaya pembelajaran selama pandemi dan tidak membahas aspek lingkungan belajar yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana mahasiswa mengalami ERL selama pandemi melalui enam sub-dimensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain survei dengan instrumen kuesioner. Data yang terkumpul dari 164 partisipan dianalisis menggunakan Aggregate Mean Score (AMS) untuk mengetahui nilai rata-rata tingkat persepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mempersepsikan ERL secara positif melalui subdimensi yang tersedia. Beberapa saran muncul untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh. Sejak pandemi mulai berakhir karena vaksinasi massal, ERL akan segera beralih ke blended-learning. Oleh karena itu, penelitian di masa depan harus dilakukan untuk menyarankan dan mempromosikan lingkungan belajar yang aman karena perubahan mendadak pendidikan dalam beberapa tahun terakhir