Teacher's questioning strategies in classroom interaction in SMPN 3 Rejoso

Main Authors: Kurniawati, Dwi, Dr. Sugeng Susilo Adi, M.Hum.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188237/1/Dwi%20Kurniawati.pdf
http://repository.ub.ac.id/188237/
Daftar Isi:
  • Bertanya adalah cara utama yang digunakan guru untuk mengetahui apa yang telah diketahui siswa, mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan dan pemahaman, serta menopang perkembangan pemahaman mereka untuk memungkinkan mereka menutup kesenjangan antara apa yang mereka ketahui saat ini dan tujuan pembelajaran. Strategi Bertanya juga digunakan untuk memotivasi siswa dalam suatu proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran, guru SMPN 3 Rejoso menerapkan strategi tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bertanya apa yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara. Secara total penelitian ini mewawancarai tiga guru bahasa Inggris dan sepuluh siswa kelas dua dan tiga dengan berbagai tingkat kemampuan dalam pelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi tanya jawab memberikan dampak positif bagi guru dan siswa. Guru bahasa Inggris sepakat bahwa strategi tanya jawab berguna untuk membantu siswa aktif dalam proses pembelajaran dan juga membangun motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Kendala utama yang dihadapi adalah kendala bahasa dan kurangnya kesadaran siswa untuk belajar bahasa Inggris. Hampir semua siswa setuju bahwa strategi tanya jawab memiliki pengaruh yang baik. Para siswa menemukan strategi guru sangat menarik dan efektif untuk membangun motivasi mereka. Peneliti menyarankan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan lebih banyak partisipan dan metode pengumpulan data.