A Study of Gender Role In Gillette We Believe - The Best Men Can Be (2019): A Multimodal Discourse Analysis

Main Authors: Andari., Dara Gading., Tantri Refa Indhiarti., S.S., M.A.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188226/1/Dara%20Gading%20Andari.pdf
http://repository.ub.ac.id/188226/
Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan penggunaan bahasa adalah untuk menyampaikan pesan melalui serangkaian iklan yang dirancang untuk konteks dan tujuan tertentu. Sebuah iklan bertujuan untuk membujuk orang untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa, juga untuk berpartisipasi dalam gerakan atau protes terhadap sesuatu. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan melalui periklanan, penting untuk memperhatikan multimodalitas. Pasalnya, dalam iklan tersebut mungkin terdapat unsur peran gender yang juga tidak jarang kita temukan saat ini. Penelitian ini mencoba untuk: (1) Apa saja mode yang digunakan dalam Gillette: We Believe - The Best Men Can Be Short Film Advertisement? (2) Apa peran gender pria dan wanita yang digambarkan dalam Gillette: We Believe - The Best Men Can Be Short Film Advertisment? Penelitian ini merupakan peneilitian kualitatif deksriptif karena data penelitian ini berbentuk gambar, video serta pergerakan yang terjadi dalam video, dan narasi yang diujarkan dalam iklan tersebut. Peneliti menggunakan teori Multimodal Duscourse Analysis dari Kress dan van Leeuwen (2001) dengan bantuan dari teori payung SFL milik Halliday (2014) yang nantinya akan dianalisis tiga metafungsi dari data yang telah dikumpulkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada 44 sistem semiotika visual yang digunakan dalam iklan Gillette yang berupa tindakan dan gestur dengan masing-masing 21 dan 23 data. Selain itu, peneliti juga menemukan ada 26 data dari sistem semiotika verbal, yaitu naratif. Ke-70 data tersebut membantu iklan Gillette dalam menampilkan ilustrasi peran gender, dimana peneliti menemukan bahwa Gillette masih berlaku pada peran gender tradisional sehingga laki-laki tampil lebih kuat atau superior. Peran gender digunakan oleh Gillette untuk membujuk pemirsa agar ikut serta dalam kampanye #TheBestMenCanBe mereka agar pemirsa dapat berpartisipasi dalam menyumbangkan $ 1 juta setiap tahun ke sebuah yayasan yang berfokus membantu pria dari segala usia untuk menjadi yang terbaik saat mereka