Pengaruh Metode Drill Menggunakan Quizizz Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Huruf Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang

Main Authors: Pawestri Abhi, Rosalina, Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188135/1/-%20Rosalina%20Abhi%20Pawestri.pdf
http://repository.ub.ac.id/188135/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, proses pembelajaran yang dilakukan guru, dan persepsi siswa terhadap penerapan metode drill menggunakan quizizz untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal huruf hiragana. Pada pengamatan proses pembelajaran hiragana menggunakan metode drill ini, penulis mengkaji berdasarkan teori metode drill serta langkah-langkah penerapan nya. Penelitian ini termasuk jenis pra eksperimen yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data bersumber pada tes, observasi, kuesioner tertutup, dan dokumentasi. Dalam mengolah dan menganalisis data, penulis menggunakan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 21, dengan menarik kesimpulan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest 58,8 dan nilai posttest 83,6. Dari hasil pengujian menggunakan Paired Sample t-test yaitu t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung= 7,698 > t tabel= 2,026) dengan nilai signifikansi 0,000. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa metode drill menggunakan quizizz dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal huruf hiragana secara signifikan. Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya penerapan metode drill menggunakan quizizz yang dilakukan guru dengan sangat baik. Selain itu berdasarkan hasil sebaran kuesioner, menunjukkan bahwa siswa memberikan persepsi yang baik terhadap penggunaan metode drill menggunakan quizizz untuk meningkatkan kemampuan menghafal huruf hiragana.