"Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan bagi Siswa EFL dalam Keterampilan Berbicara"
Main Authors: | Putri, Larasati Catur N., Devinta Puspita Ratri, S.Pd., M.Pd |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/188076/1/-%20Larasati%20Catur%20Nabila%20P.pdf http://repository.ub.ac.id/188076/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan berbicara adalah keterampilan yang dianggap sebagai hal yang harus dilakukan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain bahkan di seluruh dunia. Namun, mempelajari kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa faktor yang menyulitkan mereka untuk belajar kemampuan berbicara, terutama di depan umum. Salah satu kendala yang dihadapi adalah kecemasan karena kecemasan merupakan faktor penting yang berdampak negatif pada kinerja lisan siswa. Studi ini mencoba menemukan faktor-faktor yang paling mempengaruhi kecemasan siswa dalam berbicara Metode yang digunakan dalam penelitian ini ber kuantitatif dengan. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Faktor kecemasan berbicara diambil dari Santriza (2018) yang telah diadaptasi dari Horwitz (1986). Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan beberapa analisis regresi di SPSS Studi ini mengungkapkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan terdiri dari tiga, yaitu kecemasan tes dengan persentase 34,52%, kurangnya keberanian untuk mengambil risiko dengan persentase 33,60% dan ketidaksiapan mendapat kritik dengan persentase 31,88%. Ini menunjukkan bahwa hasilnya tidak terlalu signifikan karena hasil persentasenya tidak jauh berbeda dalam jumlah, tetapi persentase tertinggi adalah dalam kecemasan tes. Oleh karena itu, penulis menyarankan peneliti masa depan untuk melakukan studi serupa menggunakan metode yang berbeda atau pendekatan kualitatif.