Analisis Strategi dalam Pemerolehan Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Video Games pada Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya

Main Authors: Malik, Fadhil., Dr. Ida Puji Lestari, S.Pd.,M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/188016/1/-%20Fadhil%20Malik.pdf
http://repository.ub.ac.id/188016/
Daftar Isi:
  • Kosa kata merupakan elemen dasar suatu bahasa. Untuk memperoleh kosa kata terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh pelajar bahasa Inggris yang dapat disesuaikan salah satu sarananya menggunakan video games. Di dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menganalisis strategi yang digunakan mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya dalam memperoleh kosa kata melalui video games. Rumusan masalah yang ingin diungkapkan pada penelitian ini berfokus pada dua pertanyaan mendasar yaitu: (1) Strategi apa yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa Sastra Inggris Universitas Brawijaya? (2) Apa keuntungan menggunakan video games sebagai sarana pemerolehan kosa kata bahasa Inggris. Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada wawancara mendalam terhadap setiap partisipannya. Partisipan dari penelitian ini terdiri dari 6 orang mahasiswa Sastra Inggris Univeresitas Brawijaya Angkatan 2017-2020. Penelitian ini berdasar pada teori yang dikemukakan oleh Schmitt (1997) yang berisikan taksonomi strategi pemerolehan kosa kata dalam suatu bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang banyak digunakan oleh partisipan adalah strategi kognitif disusul dengan strategi konsolidasi, dan strategi penyimpanan sebagai strategi yang paling sedikit digunakan. Dari hasil tersebut, dikemukakan juga bahwa video games menjadi sarana yang menyenangkan untuk memeperoleh kosa kata karena terdapat visualisasi, umpan balik di dalamnya, dan dapat memacu motivasi. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelajar bahasa kedua untuk mengetahui strategi yang cocok dan juga tenaga pengajar untuj menyesuikan pembelajaran kosa kata sesuai perkembangan zaman. Penelitian ini juga diharapkan sebagai referensi bagi mahasiswa Sastra Inggris. Peneliti menyarankan penelitian selanjutnya untuk mengkomparasi usia muda dan tua dalam memilih strategi