Pengaruh Self Eteem dan Kecemasan Terhadap Compulsive Buying (Survei online pada masyarakat Kota Malang yang menggunakan masker surgical mask sebagai alat perlindungan diri dari Covid-19)

Main Authors: Syahroni, Imam, Aniesa Samira Bafadhal, S.AB.,M.AB
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/187969/1/Imam%20Syahroni.pdf
http://repository.ub.ac.id/187969/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh self esteem dan kecemasan terhadap compulsive buying pada masker, dimana masker yang digunakan dalam penelitian ini adalah surgical mask. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan juga dunia yang terjadi kurang lebih satu tahun yaitu dari 2020 hingga sekarang 2021, dan sampai saat ini masih berlangsung. Sehingga untuk melindungi diri dari wabah tersebut masker menjadi kebutuhan utama agar masyarakat tetap sehat dan terhindar dari Covid-19. Rasa sayang terhadap diri sendiri dan perasaan cemas yang timbul akibat wabah membuat masyarakat berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga diri agar tetap sehat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam peneliatian ini adalah self esteem dan kecemasan sebagai variabel bebas, dan compulsive buying sebagai variabel terikat. Pengumpulan data diperoleh dari kuisioner yang disebarkan secara online kepada 118 responden dengan menggunakan google form. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel self esteem secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap compulsive buying, dan variabel kecemasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying pada masker surgical mask.