Pengembangan Kompetensi Dan Kapasitas Tenaga Kependidikan di Universitas Lambung Mangkurat

Main Authors: Wiradita, Anggra, Prof. Dr. Sumartono,, MS, Dr. Alfi Haris Wanto,, SAP., MAP., MMG.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/187928/1/Anggra%20Wiradita%20196030302111010.pdf
http://repository.ub.ac.id/187928/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi prioritas pemerintah seperti yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Selaku bagian dari aparatur negara yang bekerja pada instansi pendidikan, tenaga kependidikan Universitas Lambung Mangkurat mempunyai hak yang sama dalam pengembangan kompetensi dan kapasitas. Kompetensi dan kapasitas ialah dua konsep yang berbeda tetapi saling mempengaruhi dan yang satu tidak akan ada tanpa yang lain. Kompetensi dapat dilihat dari komponen yang membentuknya yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dan komponen pengembangan kapasitas terdiri dari kapasitas kinerja, kapasitas pribadi, kapasitas beban kerja, kapasitas pengawas, kapasitas fasilitas, kapasitas layanan pendukung, kapasitas sistem, kapasitas struktural serta kapasitas peran. Jumlah tenaga kependidikan ULM yang belum berpendidikan Sarjana sebesar 48% dari jumlah keseluruhan tenaga kependidikan yang berstatus PNS serta jumlah tenaga kependidikan yang mengikuti diklat teknis yang semakin menurun dari tahun ke tahun membuat penulis tertarik guna melaksanakan penelitian yang berjudul “Pengembangan Kompetensi Dan Kapasitas Tenaga Kependidikan di Universitas Lambung Mangkurat”. Rumusan masalah di penelitian ini: Bagaimanakah pengembangan kompetensi dan kapasitas tenaga kependidikan di Universitas Lambung Mangkurat?; Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi dan kapasitas tenaga kependidikan di Universitas Lambung Mangkurat?. Tujuan penelitian ini: Untuk mendeskripsikan serta menganalisis pengembangan kompetensi dan kapasitas tenaga kependidikan di Universitas Lambung Mangkurat; Untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi dan kapasitas tenaga kependidikan di Universitas Lambung Mangkurat. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengolahan data, membaca data, koding data, memilah data berdasarkan tema, dan memaknai data. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa pengembangan pengetahuan dilakukan melalui studi lanjut yaitu ijin belajar serta tugas belajar dengan jenjang pendidikan S1 sampai dengan S3, namun belum ada keseragaman dalam bantuan biaya. Kegiatan pengembangan keterampilan masih belum banyak dilakukan oleh pihak universitas. Pengembangan sikap tenaga kependidikan melalui penilaian perilaku dan penerapan zona integritas. Penguasaan peralatan kerja dan pemanfaatan anggaran, serta hasil penilaian kinerja sudah cukup baik. Pengembangan kapasitas pribadi dimulai dari proses rekrutmen serta studi lanjut, keikutsertaan diklat, seminar, dan bimbingan teknis.Pada komponen kapasitas beban kerja didapati bahwa beban kerja tenaga kependidikan belum merata. Pengawasan terhadap tenaga kependidikan melalui penilaian prestasi kerja yang berakibat pada pemberian reward and punishment, dan dibentuknya Satuan Pengawas Internal (SPI). Fasilitas yang dimiliki Universitas Lambung Mangkurat sudah cukup lengkap ditambah dengan pembangunan gedung hasil hibah dari Islamic Development Bank (IsDB). Layanan pendukung berupa kerjasama yang dilakukan baik antar fakultas, maupun dengan pihak luar dalam kegiatan pengembangan tenaga kependidikan. Pengembangan kapasitas sistem berupa sistem informasi, manajemen dan keuangan sudah mulai beralih dari manual ke digital melalui penggunaan aplikasi. Forum diskusi terjadi antar atasan dengan bawahan, pihak ULM dengan pihak penyelenggara diklat, dan juga antar tenaga kependidikan fungsional dengan forum perkumpulan profesi. Kapasitas peran dalam pengembangan kapasitas tenaga kependidikan ULM dilihat dari peran sebagai individu/ASN yang mengembangkan kemampuan dirinya dan juga sebagai tim dalam bekerjasama demi mencapai tujuan organisasi. Faktor pendukung yaitu adanya kepemimpinan yang kondusif dan tingginya minat tenaga kependidikan untuk mengembangkan diri. Faktor penghambat yaitu belum teridentifikasinya kebutuhan pelatihan untuk tenaga kependidikan sehingga pengembangan keterampilan di Universitas Lambung Mangkurat belum terarah, dan belum dilaksanakannya analisis beban kerja.