Penerapan Aksioma Etika Islam Dalam Bisnis Perhotelan Dan Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen (Studi Kasus Hotel Radho Syariah)

Main Author: Arifiani, Amalia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/187825/1/AMALIAARIFIANI_155020501111025.pdf
http://repository.ub.ac.id/187825/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan Aksioma Etika Islam dalam bisnis Perhotelan dan pengaruhnya terhadap Preferensi Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan Variabel Eksogen Tauhid (X1), Keadilan / Keseimbangan (X2), Kebebasan (X3), Tanggung Jawab (X4) dan Kualitas Pelayanan (Xm). Sedangkan Variabel Endogen yang digunakan adalah Preferensi Konsumen (Y) yang akan di analisis menggunakan metode Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM-PLS). Penelitian mengolah data yang diperoleh dari 100 responden konsumen Hotel Radho Syariah menunjukkan bahwa Tauhid (X1), Keadilan / Keseimbangan (X2), Kebebasan (X3), Tanggung Jawab (X4) dan Kualitas Pelayanan (Xm) dengan indikator-indikatornya secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Preferensi Konsumen (Y). Penelitian menyimpulkan bahwa Tauhid, Keseimbangan / Keadilan, Kebebasan, Tanggung Jawab dengan Variabel Moderasi Kualitas Pelayanan dapat menguatkan ke 4 Variabel Eksogen dan meningkatkan Preferensi Konsumen Hotel Radho Syariah.