Analisis Program Corporate Social Responsibility Pt Japfa Comfeed Indonesia (Persero) Tbk

Main Authors: Ahmad, Wildan Rosyada, Rizki Prafitri,, S.Pt., M.A., Ph.D.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/187823/1/Wildan%20Rosyada%20Ahmad.pdf
http://repository.ub.ac.id/187823/
Daftar Isi:
  • Seiring dengan ketatnya persaingan, perusahaan dituntut untuk terus berkembang yang mengakibatkan timbulnya dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang harus diatasi. Program Corporate Social Responsibility (CSR) banyak dipilih perusahaan untuk meredam masalah-masalah yang muncul dan juga sekaligus meningkatkan citra perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan agrifood terbesar dan terkemuka di tanah air, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk juga menerapkan CSR sebagai salah satu programnya. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana program CSR yang telah dilaksanakan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk serta perannya terhadap para pemangku kepentingannya. Analisis ini diharapkan dapat menjadi kritik dan masukan sehingga perusahaan dapat mengintegrasikan pemangku kepentingan sehingga program CSR dapat berjalan dengan lebih baik. Data utama yang digunakan berupa data sekunder dari Laporan Keberlanjutan dan Laporan Tahunan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk tahun 2015-2019. Keseluruhan data PA VIII tersebut kemudian dikelompokkan dan dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan berbagai literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stakeholder perusahaan meliputi: pelanggan; pemegang saham; pemerintah; karyawan; masyarakat; pemasok; perhimpunan; peternak mitra; distributor; dan media. Dalam hal ini, pelanggan, pemegang saham, pemerintah, karyawan, masyarakat, perhimpunan, dan media merupakan stakeholder yang telah memiliki hubungan baik dengan perusahaan, terlihat dari terpenuhinya keriteria kepuasan yang dibutuhkan serta tidak adanya masalah yang ditemukan. Akan tetapi, dalam beberapa topik yang diperlukan tidak disajikan dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan, bahkan ditemukan beberapa kasus yang bertolak belakang dari komitmen perusahaan. Beberapa data yang tidak disediakan adalah mengenai detail kontrak kerja sama dengan pemasok, peternak mitra, dan distributor. Selain itu, pada beberapa literatur disebutkan bahwa ada kekurangan dari kontrak kerja sama antara perusahaan dengan peternak mitra. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada periode 2015-2019, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk selalu menjalankan kegiatan dan program CSR yang mencakup berbagai bidang. Selain itu, peran program CSR adalah menjadi media untuk melibatkan dan menjaga hubungan baik antara stakeholder dengan perusahaan. Secara umum, perusahaan telah membina hubungan baik dengan seluruh stakeholdernya, terlihat dari terpenuhinya sebagian besar kriteria kepuasan dari stakeholder. Akan tetapi, ada beberapa informasi mengenai detail kontrak dengann pemasok, peternak PA IX mitra, dan distributor yang tidak disajikan. Dari hal tersebut, peneliti menyarankan ditambahkan informasi yang detail pada Laporan Tahunan atau Laporan Keberlanjutan, yaitu: kontrak kerjasama yang dilakukan dengan pemasok, peternak mitra, dan distributor agar terjaganya transparansi perusahaan dan juga adanya pernyataan di media resmi perusahaan terkait informasi-informasi penting mengenai perusahaan agar khalayak umum mendapat informasi yang valid.