Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi keunggulan bersaing Hotel Pelangi berdasarkan metode five forces Porter. Penelitian Deskriptif ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber Data bersumber dari wawancara dengan Public Relation Manager Hotel Pelangi, Malang. Hasil penelitian: 1) Tantangan hotel Pelangi adalah akan hadirnya 2 hotel baru pada 2020 di kota Malang sebagai pesaing baru. Hotel Pelangi harus berinovasi melakukan diferensiasi produk dengan paket Wisata Edukasi Sejarah. 2) Kekuatan daya beli masyarakat pada hotel Pelangi masih 50/50. Masih didominasi tamu lama. Sedangkan tamu baru masih minim. Hal tersebut disebabkan banyaknya jumlah hotel dan keinginan tamu yang dinamis. 3) Peraturan Daerah tentang Cagar Budaya justru membawa peluang bagi Hotel Pelangi, yakni mendapatkan keringanan Pajak dan alokasi anggaran perawatan Gedung. Hal tersebut berkaitan dengan status Hotel Pelangi sebagai Cagar Budaya. 4) Ancaman Hotel Pelangi adalah munculnya guest house. Solusi Hotel Pelangi adalah menghadirkan program-program menarik. 5) Kekuatan daya pemasok di Hotel Pelangi cukup tinggi. Semua bahan makanan dan barang material berasal dari pemasok luar. Hotel Pelangi selektif memilih bahan, terutama bahan makanan. Pertimbangan utama Hotel Pelangi dalam memilih barang adalah dari segi Kualitas dan harga kompetitif. 6) Pesaing utama Hotel Pelangi adalah hotel bintang 3 di Kota Malang. Berdasarkan data 2018, jumlah hotel di kota Malang adalah 60an hotel. Hal tersebut menjadikan industri perhotelan semakin sengit.