Pengaruh Kualitas Layanan Instalasi Farmasi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Amelia
Daftar Isi:
- Rumah sakit merupakan institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna serta menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Proses pelayanan di rumah sakit tidak bisa dilepaskan dari unit penunjang laboratorium dan instalasi farmasi (IFRS). Instalasi farmasi sangat berperan penting terhadap keberlangsungan operasional rumah sakit. Kualitas pelayanan farmasi rumah sakit menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan dalam menimbulkan kepuasan pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata masyarakat. Kepuasan merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan yang digunakan untuk melihat baik atau buruk kinerja layanan tersebut, karena tingkat kepuasan pasien terhadap layanan bisa mempengaruhi keinginan untuk mencari layanan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui pengaruh kualitas layanan instalasi farmasi (tempat farmasi, sikap petugas, kecepatan pelayanan, pemberian informasi dan edukasi obat, dan ketersediaan obat) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Amelia secara simultan, parsial dan dominan. Hasil penelitian juga dapat dijadikan dasar dalam penataan pengembangan program peningkatan kualitas layanan farmasi yang sesuai dengan harapan pasien, dan menjadikan layanan IFRS Amelia menjadi pilihan untuk memperoleh obat. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua dimensi kualitas layanan farmasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien. Tiga dimensi dimensi kecepatan pelayanan, pemberian informasi dan edukasi obat serta ketersediaan obat berpengaruh secara sebagian terhadap kepuasan pasien. Faktor yang dominan berpengaruh kualitas layanan farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan adalah faktor ketersediaan obat.