Hubungan Perilaku Pembimbing Klinik terhadap Efikasi Diri Mahasiswa Profesi Keperawatan UB dan UMM Saat Pandemi Covid-19
Main Authors: | Widyani, Aisha Emira, Dr. Kuswantoro Rusca Putra, S.Kp, M.Kep, Ns. Evi Harwiati Ningrum, S.Kep., MHSM. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/187006/1/Aisha%20Emira%20Widyani.pdf http://repository.ub.ac.id/187006/ |
Daftar Isi:
- Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan keterbatasan proses pembelajaran pada lahan klinik serta pembimbing klinik tidak dapat berperan adekuat, hal ini juga dapat berpengaruh pula pada efikasi diri mahasiswa profesi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku pembimbing klinik dengan efikasi diri mahasiswa profesi keperawatan. Metode penelitian ini adalah studi korelasi pendekatan cross sectional dengan consecutive sampling menggunakan kuesioner NCTEI (Nursing Clinical Teaching Effectiveness Inventory) dan SSE (Student Self Efficacy). Hasil penelitian dari 113 responden mayoritas berjenis kelamin perempuan (77%), berusia 23 tahun (56,7%), stase klinik medikal bedah (37,2%) dan berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang (52,2%) serta terdapat hubungan yang signifikan dengan korelasi lemah antar kedua variabel (p=0,00;r=0,399), kemampuan mengajar (r=0,396), kompetensi keperawatan (r=0,391), evaluasi (r=0,337), hubungan interpersonal (r=0,322) dan kepribadian (r=0,408). Kesimpulan penelitian didapatkan kedua variabel tidak hanya memiliki hubungan yang signifikan tetapi juga memiliki kekuatan korelasi sedang. Disarankan bagi institusi pendidikan untuk memberikan pelatihan yang berfokus pada lima domain pembimbing klinik yang efektif.