Optimasi Biaya Penggunaan Alat Berat Pekerjaan Pemancangan Menggunakan Ponton pada Struktur Jembatan dengan Program Linie
Main Authors: | Rahmah, Khalda Yustica, Kartika Puspa Negara, ST., MT., P.h.D., M. Hamzah Hasyim, ST., M.Eng.Sc. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186886/1/-%20Khalda%20Yustica%20Rahmah.pdf http://repository.ub.ac.id/186886/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilan suatu pembangunan sebuah infrastruktur harus mengutamakan komponen biaya, mutu dan waktu. Salah faktor penting yang dapat mempengaruhi komponen tersebut adalah penggunaan alat berat yang efisien. Oleh karena itu perlu adanya analisis dalam penentuan komposisi dan jumlah penggunaan alat berat yang akan digunakan agar dapat bekerja secara optimal. Penelitian ini dilakukan pada pekerjaan pemancangan pada struktur jembatan dengan menggunakan ponton yang bertujuan untuk mengetahui komposisi alat berat paling optimal dan juga besar biaya pada Proyek Lanjutan Aksesibilitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menggunakan program linier. Dalam menentukan komposisiialatiberat perlu dihitung masing-masing biaya dan jumlah alat berat pada pekerjaan pemancangan dengan memperhatikan batasan-batasan yang ditentukan. Batasan ini akan digunakan sebagai kendala dalam penganalisaan pemodelan matematis yang akan dibuat di dalam penelitian ini. Batasan – batasan tersebut diantaranya yakni, batasan waktu, biaya, produktivitas & jumlah alat berat, dan ketersediaan jumlah stockyard. Perhitungan dan analisa menggunakan program linierimetodeisimpleks untuk menentukan komposisi dan jumlah masing-masing alat berat yang kemudian didapatkan solusi akhir berupa komposisi dan jumlah alat berat optimal yakni sebanyak, 2 buah Crawler Crane, 2 Set ponton service dan 4 set Ponton Pancang dengan biaya Rp.10.971.355 / jam dengan durasi waktu pengerjaan 20 hari untuk pekerjaan pemancangan.