Responsivitas Pemerintah Terhadap Partisipasi Masyarakat Di Media Sosial (Studi Pada Pengelolaan Akun Media Sosial Pemerintah Kota Malang)

Main Author: Sari, Teresia Aprilita Ayunda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186860/1/TERESIA%20APRILITA%20AYUNDA%20SARI.pdf
http://repository.ub.ac.id/186860/
Daftar Isi:
  • Dalam membangun komunikasi dan interaksi dengan publik di era digital, Pemerintah Kota Malang memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi, menyerap dan mengolah aspirasi serta membangun citra pemerintah yang baik. Begitu juga publik dalam memanfaatkan media sosial memiliki kebebasan untuk berpendapat, memberikan kritik, saran pengaduan dan semacamnya sebagai bentuk partisipasi. Namun dalam pelaksanaannya sering ditemukan komentar atau cuitan publik yang menunjukkan persepsi negatif atas kinerja pemerintah, spesifik kurangnya respons akun media sosial pemerintah dalam menjawab feedback masyarakat. Hal tersebut justru memperlihatkan adanya kesenjangan antara aktifnya unggahan konten namun pasifnya respons pemerintah. Oleh sebab itu, peneliti tertarik menganalisa interaktivitas akun media sosial Pemerintah Kota Malang dengan menganalisa dan membandingkan pandangan antara dua pihak, yakni Pemerintah dan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori e-participation oleh Machintos untuk menganalisa sejauh mana pengelolaan media sosial dapat mempengaruhi level partisipasi masyarakat di media sosial. Data-data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan pihak terkait serta studi terhadap dokumen yang relevan. Hasil Penelitian kualitatif ini menunjukkan bahwa pada mulanya terdapat dua poin krusial yang menjadi kendala pemerintah dalam memberikan respons yang cepat di kanal media sosial @pemkotmalang, akan tetapi untuk mengatasi hal tersebut Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki beberapa bentuk strategi yang menjadi solusi dalam meningkatkan responsivitas di media sosial.