Strategi Pesan pada Iklan Nodeflux Pengembang Teknologi Artificial Intelligence dalam Membangun Brand image Perusahaan (Studi Retorika Visual pada Iklan Korporat PT Astra International Tbk)

Main Author: Arni, Nahda Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186796/1/-%20Nahda%20Aulia%20Arni.pdf
http://repository.ub.ac.id/186796/
Daftar Isi:
  • Iklan merupakan bentuk komitmen yang dilakukan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan stakeholder. Semakin besar bisnis perusahaan maka semakin besar pula kebutuhan perusahaan untuk menyatukan berbagai aktivitas dalam satu image, salah satunya adalah melalui iklan korporat. Melalui iklan Nodeflux - Pengembang Teknologi Artificial Intelligence, PT Astra International Tbk berusaha untuk berkomunikasi dan menciptakan image melalui kontribusi positif yang dilakukan perusahaan. Menggunakan paradigma interpretatif dan pendekatan kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pesan persuasif yang dilakukan PT Astra International Tbk pada iklan Nodeflux dengan analisis retorika visual oleh Sonja K. Foss untuk membentuk brand image perusahaan. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) pesan utama yang berusaha disampaikan adalah perusahaan secara konsisten akan terus mendukung para pemuda untuk menjadi sosok inspiratif dengan gagasan- gagasan besar untuk kemajuan bangsa, (2) iklan ini dapat membangun pesan persuasif melalui retorika visual dengan penggunaan simbolisasi dari elemen visual, menciptakan interaksi dengan engagement dalam Instagram dan membentuk pesan yang mudah dipahami oleh publik, (3) iklan korporat ini mendapatkan respon positif dari bagaimana perusahaan mengemas informasi yang semakin memperkuat brand image positif perusahaan.