Evaluasi Dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Persela Store Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design (Hcd) , Hanifah Muslimah Az-Zahra, S.Sn., M.Ds. dan Yusi Tyroni Mursityo, S. Kom., M. AB
Main Author: | Ramadhani, Yahya Vernanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186523/1/Yahya%20Vernanda%20Ramadhani.pdf http://repository.ub.ac.id/186523/ |
Daftar Isi:
- Persela Store merupakan sebuah unit ritel yang dibentuk sebagai Official Store dari klub sepak bola Persela Lamongan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan pemasukan dari tim serta mempermudah para penggemar (suppourter) Persela Lamongan mendapatkan informasi dan pembelian mengenai produk terbaru dari Persela. Melalui hasil wawancara dengan Stakeholder atau penanggung jawab Persela Store ditemukan permasalahan yaitu website Persela Store sejak pertama kali di-launching pada tahun 2018 belum pernah sama sekali dievalusi dan diperbaiki sehingga berdampak pada jumlah pengunjung yang berbelanja melalui website Persela Store yang sangat sedikit dan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai perbedaan kepuasan pengguna sebelum dilakukan evaluasi perbaikan dan setelah dilakukan evaluasi perbaikan desain solusi. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan penelitian ini akan mengevaluasi menggunakaan Tree Testing untuk menilai navigasi website berdasarkan aspek yang meliputi Success Rate, First Clik, Directness, Time Spent, dan Destination. Dalam evaluasi tampilan kepuasan pengguna akan menggunakan System Usability Scale (SUS) yang bertujuan untuk mengetahui nilai kepuasan pengguna berdasarkan nilai Aspectibility Ranges, Grade Scale, Adjective Range, dan Percentile Rank. Dalam perancangan desain solusi melalui metode Close Card Sorting sebagai acuan struktur penentuan letak alur website berdasarkan ekspetasi dari pengguna, dengan hasil akhir sebuah sitemap dan sesuai dengan usability guidelines. Proses penelitan ini secara menyeluruh menerapkan pendekatan Human Centered Design (HCD) yang setiap prosesnya berkordinasi dan mendapat persetujuan dari stakeholder dan pengguna. Hasil akhir dan kesimpulan dalam penelitian ini yaitu nilai evaluasi berdasarkan testing pengguna, rekomendasi desain perbaikan berdasarkan ekspetasi pengguna dengan usability guidelines berupa Prototype High Fidelity. Hasil evaluasi akhir nilai Succes Rate 100%, Dirrectness 95,55%, Time Spent 4,13 detik, First Click 100%, Destination 100%, serta peningkatan nilai kepuasan pengguna berdasarkan peningkatan nilai Acceptability Ranges yaitu Acceptable, Grade Scale kategori B, Adjective Rating kategori Best Imaginable, dan Percentile Rank kategori A. Berdasarkan hasil nilai testing diatas, setelah dilakukan penelitian dengan menghasilkan sebuah output prototype desain rekomendasi perbaikan, terjadi peningkatan dalam nilai navigasi dan kepuasan pengguna dalam mengakses website Persela Store.