Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Berdasarkan Gaya Belajar dan Prinsip Universal Design of Learning (UDL) Untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 12 Malang. , Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M.Pd. dan Faizatul Amalia, S.Pd., M.Pd

Main Author: Cipto, Yafie Arbian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186522/1/Yafie%20Arbian%20Cipto.pdf
http://repository.ub.ac.id/186522/
Daftar Isi:
  • SMK Negeri 12 Malang merupakan instansi pendidikan yang terus berkembang dalam mengikuti segala perkembangan teknologi informasi. Perkembangan media merupakan salah satu cara untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dengan cara pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa sangat berpengaruh pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Gaya belajar merupakan cara siswa memahami, mengingat materi pelajaran pada proses belajar mengajar. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang ada maka dilakukan pengembangan media pembelajaran berbasis website yang dibuat menggunakan metode Waterfall dan materi pembelajaran berdasarkan prinsip Universal Design of Learning (UDL). Dalam melakukan pengembangan penulis melakukan kegiatan observasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru multimedia SMK Negeri 12 Malang. Setelah mendapatkan hasil yang diperlukan maka akan dilakukan analisis kebutuhan yang telah diperoleh. Kemudian dilanjutkan tahap desain dari penjabaran analisis yang telah ditentukan dengan membuat desain dari media pembelajaran, materi pembelajaran, dan diagram Unified Modeling Language (UML). Selanjutnya dilakukan tahap pengembangan media pembelajaran dan juga materi pembelajaran menggunakan PHP dan MySql. Pada langkah selanjutnya dilakukan pengujian media pembelajaran berbasis website menggunakan pengujian black-box testing dimana pengujian dilakukan dengan tiga sudut pandang aktor yaitu admin, guru, dan siswa dengan jumlah pengujian yang dilakukan ada 33 kasus uji dan pengujian usability dengan hasil semua fungsional berjalan dengan baik dengan rata-rata nilai adalah 76 dan pada perhitungan System Usability Scale (SUS) termasuk dalam kategori acceptable dengan nilai baik yang memiliki arti dapat digunakan dan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Serta dilakukan pengujian materi yang dihitung menggunakan skala likert dengan hasil rata-rata baik materi audio, video, modul hingga power point memiliki nilai lebih dari 80% yang dapat dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan tanpa adanya revisi.