Pengembangan Lanjut Aplikasi Scoring Iqra Berbasis Android dengan Parameter Pitch, Volume, Rhythm, dan Timbre , Komang Candra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc. dan Adam Hendra Brata, S.Kom., M.T., M.Sc
Main Author: | Septiadi, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186521/1/Wahyu%20Septiadi.pdf http://repository.ub.ac.id/186521/ |
Daftar Isi:
- Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu kewajiban bagi setiap umat Islam. Sebelum bisa membaca Al-Qur’an dengan lafal dan pengucapan yang benar, diperlukan latihan membaca huruf ataupun kalimat hijaiah. Salah satu metode belajar Al-Qur’an yaitu menggunakan metode Iqra yang ditemukan oleh KH. As’ad Humam. Pada umumnya kegiatan belajar menggunakan metode Iqra tersebut, memerlukan guru pembimbing (ustaz ataupun ustazah) sebagai pemberi evaluasi murid terhadap ketepatan pengucapan huruf hijaiah. Dikarenakan dalam proses pembelajaran tersebut dilakukan secara tatap muka di dalam ruangan. Sehingga muncul permasalahan yaitu keterbatasan waktu, tempat, dan pengalaman. Penelitian sebelumnya telah mencoba mengatasi masalah ini yaitu dengan membuat Aplikasi Scoring Iqra berbasis Android yang dapat membandingkan suara rekaman murid dengan suara ustaz. Akan tetapi hasil korelasi kemiripan overall score antara penilaian Aplikasi dan penilaian ustaz pada iqra1 sebesar 0.034 dalam kategori lemah, iqra2 sebesar 0.51 dalam kategori sedang, dan iqra3 sebesar -0.17 dalam kategori lemah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pada penelitian ini akan menambah Algoritma timbre scoring dan mengubah nilai pembobotan skor dari masing-masing parameter pitch, volume, rhythm, dan timbre menjadi 0.55, 0.05, 0.38, dan 0.02. Sehingga hasil korelasi kemiripan overall score pada iqra1 sebesar 0.376 dalam kategori sedang, iqra2 sebesar 0.795 dalam kategori kuat, dan iqra3 sebesar 0.255 dalam kategori lemah.