Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Guna Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Aplikasi Malang Menyapa) , Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom., dan Suprapto, S.T., M.T

Main Author: Rakha, Rizki Hasna Salsabil
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186505/1/Rizki%20Hasna%20Salsabil%20Rakha.pdf
http://repository.ub.ac.id/186505/
Daftar Isi:
  • Aplikasi Malang Menyapa merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Dalam penggunaannya, ditemui beberapa permasalahan usability, diantaranya yaitu tampilan antarmuka yang terlalu ramai, tata letak tombol yang membingungkan, serta informasi yang tidak diperbaharui secara berkala. Evaluasi antarmuka belum pernah dilakukan oleh Disporapar Kota Malang, hingga penelitian ini dilakukan. Aplikasi Malang Menyapa sendiri sudah tidak beroperasi dan pihak Disporapar Kota Malang sedang menyiapkan aplikasi pariwisata baru. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan antarmuka guna meningkatkan user experience menggunakan metode Usability Testing, System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai bahan pertimbangan rekomendasi kepada Disporapar Kota Malang agar permasalahan yang sama tidak ditemukan pada aplikasi baru yang sedang dikembangkan. Hasil evaluasi awal yang didapatkan digunakan untuk merancang antarmuka baru dalam bentuk prototype. Dari hasil perbandingan antara desain awal dan desain perbaikan, didapatkan peningkatan pada komponen Learnability sebesar 26%, pada komponen Efficiency sebesar 64,85%, peningkatan pada komponen Satisfaction sebesar 58,37 pada skor SUS. Pada komponen Memorability didapatkan penurunan waktu pengerjaan sebesar 27,74% dan 2,76% pada jumlah klik. Pada komponen Error didapatkan penurunan sebesar 59%. Pada hasil pengujian kuesioner UEQ didapatkan peningkatan pada semua skala yang diujikan. Skala attractiveness mengalami peningkatan sebesar 3,45 poin. Pada skala perspicuity mengalami peningkatan sebesar 3,58 poin. Pada skala efficiency mengalami peningkatan sebesar 3,34 poin. Pada skala dependability mengalami peningkatan sebesar 2,73 poin. Pada skala stimulation mengalami peningkatan sebesar 2,31 poin. Pada skala novelty mengalami peningkatan sebesar 3,14 poin. Berdasarkan hasil perbandingan, desain solusi perbaikan berhasil meningkatkan user experience aplikasi Malang Menyapa.