Analisis Faktor-Faktor Yang Mendasari Pengambilan Keputusan Nasabah Pembiayaan Di Pega Daian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Cabang Landungsari Kota Malang)

Main Author: Febriavani, Saskia Vitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186425/1/-%20Saskia%20Vitri%20Febriavani.pdf
http://repository.ub.ac.id/186425/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendasari pengambilan keputusan nasabah pembiayaan di Pegadaian Syariah serta untuk mengetahui faktor apa yang paling dominan mendasari pengambilan keputusan nasabah pembiayaan. Faktor-faktor yang diduga mendasari keputusan pengambilan keputusan nasabah pembiayaan adalah faktor Literasi keuangan Syariah, faktor harga, faktor tempat/lokasi, faktor sosial, faktor psikologi, faktor kualitas produk dan faktor demografi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada nasabah pembiayaan di Pegadaian Syariah Cabang Landungsari Kota Malang sehingga populasinya sangat besar. Metode sampling menggunakan non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sebelum data di analisis diuji kelayakan terlebih dahulu menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan bantuan software SPSS 23 for windows. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis faktor eksploratori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 variabel yang terbagi menjadi 13 indikator yang dianalisis menghasilkan atau membentuk 5 faktor. Faktor 1 diberi nama Produk Jasa yang terdiri dari indikator Keandalan, Ketanggapan, Kesesuaian Produk. Faktor 2 diberi nama Promosi yang terdiri dari indikator Biaya Ujrah, Jaminan, Keluarga, Lokasi Kantor. Faktor 3 diberi nama Selera yang terdiri dari indikator Persepsi, Preferrensi, Kelengkapan Fasilitas. Faktor 4 diberi nama Pemahaman Syariah yang terdiri dari indikator Pengetahuan Keuangan Syariah, Perilaku Keuangan Syariah. Faktor 5 diberi nama Life Style yang terdiri dari indikator Gaya Hidup.