Perancangan User Experience Aplikasi e-Business Pasar Tradisional Dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Pasar Oro-oro Dowo), Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, S.Kom., M.Kom., Retno Indah Rokhmawati, S.Pd., M.Pd
Main Author: | Larasati, Indrihana Kharismaning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186417/1/Indrihana%20Kharismaning%20Larasati.pdf http://repository.ub.ac.id/186417/ |
Daftar Isi:
- Adanya pandemi Covid-19 berdampak pada beberapa kelompok masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah kelompok pedagang pasar tradisional yang mengalami penurunan pendapatan akibat adanya aturan pembatasan jumlah pengunjung dan pembatasan jam operasional pasar. Salah satu pasar yang terdampak adalah Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang. Untuk mempertahankan perputaran ekonomi di pasar namun tetap menekan jumlah penyebaran Covid-19, maka diperlukan adanya platform jual-beli secara online. Namun tidak semua pedagang setuju dengan konsep jual-beli secara online, yakni ketika pedagang harus bersaing dalam memberikan harga termurah. Selain itu, prosedur yang berbelit-belit dapat mengurangi minat pedagang dalam bejualan secara online. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan user experience aplikasi e-business pasar yang memperhatikan kebutuhan setiap kelompok pengguna dan kemudahan penggunaan bagi pengguna. Dalam perancangan user experience ini, metode yang digunakan adalah Human-Centered Design yang memiliki beberapa tahapan yakni analisis konteks penggunaan, analisis kebutuhan pengguna, perancangan desain solusi dan evaluasi desain solusi menggunakan metode usability testing. Perancangan ini melibatkan tiga kelompok pengguna yakni pembeli, pedagang, dan pengelola pasar (admin). Sehingga terdapat tiga hasil rancangan aplikasi yang berbeda berbeda. Hasil dari perancangan ini berupa high-fidelity prototype yang kemudian dievaluasi oleh masing-masing kelompok pengguna dengan usability testing. Pada evaluasi tersebut terdapat tiga aspek yang diukur yakni aspek efektivitas, aspek efisiensi, dan aspek kepuasan pengguna yang dievaluasi menggunakan kuesioner PSSUQ. Dari evaluasi tersebut didapatkan skor dari masing-masing aspek tiap aplikasi. Pada aplikasi pembeli didapatkan skor efektivitas sebesar 98%, skor efisiensi sebesar 97,03% dan rata-rata skor sub-skala PSSUQ sebesar 2,15. Pada aplikasi pedagang skor yang didapatkan yakni efektivitas sebesar 100%, efisiensi sebesar 100% serta skor kepuasan pengguna rata-rata sebesar 2,0. Sedangkan pada website admin didapatkan skor efektivitas dan efisiensi sebesar 100% serta rata-rata skor sub-skala PSSUQ sebesar 1,11. Berdasarkan skor tersebut disimpulkan bahwa usability dari aplikasi e-business ini memiliki usability yang baik.