Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi, Transformasi Organisasi, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Perusahaan (Studi pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Periode 2016)
Main Author: | Handayani, Suroyya Favorita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186381/1/Suroyya%20Favourita%20Handayani.pdf http://repository.ub.ac.id/186381/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan pengaruh (1) Orientasi Pasar terhadap Pembelajaran Organisasi ; (2) Orientasi Pasar terhadap Inovasi Organisasi; (3) Orientasi Pasar terhadap Transformasi Organisasi; (4) Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan; (5) Pembelajaran Organisasi terhadap Inovasi Organisasi; (6) Pembelajaran Organisasi terhadap Transformasi Organisasi; (7) Pembelajaran Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing; (8) Pembelajaran Organisasi terhadap Kinerja Perusahaan;(9) Inovasi Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing; (10) Inovasi Organisasi terhadap Kinerja Perusahaan; (11) Transformasi Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing; (12) Transformasi Organisasi terhadap Kinerja Perusahaan; (13) Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Perusahaan. Lokasi penelitian ini adalah Cabang BNI diseluruh Indonesia dengan responden seluruh Pimpinan Cabang Bank BNI yang berjumlah 169 orang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh. Variabel eksogen adalah Orientasi Pasar yaitu Budaya Organisasi yang efektif dalam menciptakan perilaku penting untuk penciptaan nilai unggul bagi pembeli serta kinerja dalam bisnis. Variabel endogen ada lima yaitu: Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi, Transformasi Organisasi, Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan.Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan pembuktian hubungan antar variabel menggunakan model GeSCA. Pada model ini Pembelajaran Organisasi, Inovasi Organisasi dan Transformasi Organisasi serta Keunggulan Bersaing adalah variable mediasi bagi hubungan antara Orientasi Pasar dengan Kinerja Perusahaan.Beberapa temuan pada penelitian ini adalah sebagai berikut:(1) Orientasi Pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Pembelajaran Organisasi; (2) Orientasi Pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Inovasi Organisasi; (3) Orientasi Pasar berpengaruh positif signifikan terhadap Transformasi Organisasi; (4) Orientasi Pasar berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; (5) Pembelajaran Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Inovasi Organisasi; (6) Pembelajaran Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadapTransformasi Organisasi; (7) Pembelajaran Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing; (8) Pembelajaran Organisasi berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; (9) Inovasi Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing; (10) Inovasi Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; (11) Transformasi Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keunggulan Bersaing; (12) Transformasi Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan; dan (13) Keunggulan Bersaing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Perusahaan