The Effect Of E-Service Quality And Customer Perceived Value On Customer Behavioural Intention Of Gofood Through Customer Satisfaction

Main Author: Andriani, Mega Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/186357/1/-%20MEGA%20DWI%20ANDRIANI.pdf
http://repository.ub.ac.id/186357/
Daftar Isi:
  • Pendapatan dari segmen penyedia layanan antar makanan online di Indonesia telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan diprediksi akan terus meningkat hingga tahun 2024. Namun, munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia berdampak pada perubahan perilaku pengguna layanan antar makanan. GoFood merupakan salah satu penyedia layanan antar makanan online yang populer di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality dan customer perceived value terhadap niat perilaku pelanggan GoFood melalui kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan explanatory. Data dari penelitian ini dikumpulkan dari survey dengan menyebarkan kuesioner dalam jaringan menggunakan Google Form ke 150 responden. Kriteria responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berumur minimal 17 tahun, berdomisili di Malang, pengguna GoFood, dan pernah menggunakan layanan GoFood selama pandemi COVID-19. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dianalisis menggunakan Partial Least Square dengan perangkat lunak WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality dan customer perceived value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku pelanggan GoFood melalui kepuasan pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah apabila e-service quality dan customer perceived value meningkat, maka akan memuaskan pelanggan sehingga berdampak pada peningkatan niat perilaku pelanggan GoFood khususnya selama pandemi COVID-19