Pengembangan Sistem Informasi Pembelajaran Daring Blended System Berbasis Web. Nurudin Santoso, S.T., M.T
Main Author: | Amalia, Asti Annisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186316/1/Asti%20Annisa%20Amalia.pdf http://repository.ub.ac.id/186316/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan pesat teknologi juga mempengaruhi dunia pendidikan. Lembaga pendidikan mempunyai peran penting untuk pembentukan karakter pelajar dan menjadikan pelajar tidak buta dengan teknologi yang berkembang dengan sangat pesat. Namun saat terjadinya pandemi ini, lembaga pendidikan harus menghentikan proses belajar tatap muka guna menghentikan penyebaran virus ini. Lembaga pendidikan harus merubah sistem pembelajaran yang konvensional menjadi modern karena tidak mengharuskan adanya proses tatap muka antara pengajar dan pelajar atau biasa disebut dengan blended learning. PT. Lambda Solusi Informatika adalah software house dan ingin membuat sistem untuk membantu mengatasi permasalahan proses pembelajaran daring ini. Fitur-fitur yang ada di sistem ini yaitu menambah course, menambah class, menambah instructor, apply course, menyelesaikan module, menyelesaikan task, dan mengambil quiz. Sistem informasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode waterfall. Di tahap analisis kebutuhan, didapatkan 73 kebutuhan fungsional dan 2 kebutuhan non-fungsional. Di tahap implementasi sistem, basis data yang digunakan adalah MongoDB, dan untuk antarmuka penulis menggunakan ReactJS. Dalam pengujian sistem dilakukan proses verifikasi kebutuhan fungsional dengan metode white box dan proses validasi kebutuhan fungsional dengan metode black box equivalence partitioning dan melakukan pengujian kebutuhan non-fungsional secara manual. Dengan dibangunnya sistem ini, diharapkan dapat mempermudah proses pembelajaran dan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dan semoga bermanfaat untuk pengguna yang akan menggunakan sistem ini.