Analisis Kualitatif Penggunaan Media Sosial Terhadap Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) . Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D dan Tibyani, S.T., M.
Main Author: | Damayanti, Anindya Agustina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/186307/1/Anindya%20Agustina%20Damayanti.pdf http://repository.ub.ac.id/186307/ |
Daftar Isi:
- UMKM agar dapat berkembang harus bisa meningkatkan penjualan dan pangsa pasarnya. Salah satu cara agar usaha dapat berkembang adalah dengan melakukan pemasaran secara digital dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial dapat digunakan untuk memasarkan produk atau jasa dengan lebih cepat dan mudah. Kemunculan media sosial dapat menjadi peluang yang sangat baik untuk UMKM karena penggunaan media sosial tidak membutuhkan modal yang besar dan berbagai manfaat juga dapat diperoleh apabila media sosial dapat digunakan secara maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana UMKM menggunakan media sosial untuk bisnis usahanya serta bisa menjadi referensi untuk membantu UMKM mempersiapkan penggunaan media sosial untuk pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara semi terstruktur kepada pengusaha bisnis UMKM yang menggunakan media sosial. Kemudian hasil wawancara dengan narasumber diubah menjadi data verbatim dengan membuat transkrip wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode thematic analysis. Terdapat enam tahapan untuk melakukan thematic analysis, yaitu familiarization, coding, generating themes, reviewing themes, defining and naming themes, dan writing up. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan ditemukan lima kategori yang menjelaskan bagaimana UMKM menggunakan media sosial, yaitu individual feature, alasan penggunaan media sosial, alasan tidak menggunakan media sosial yang lain, hambatan dari penggunaan media sosial dan pengalaman kurang menyenangkan dari penggunaan media sosial.